Banyak Akun Youtube yang akan Tumbang

Advertisement
Advertisement
Hari ini saya menerima email dari Youtube tentang perubahan aturan channel yang bisa dimonetisasi. Kali ini Youtbe membuat aturan baru yang mungkin akan membuat banyak channel youtube kecil akan kehilangan mata pencahariannya. Itu adalah opini saya ketika membaca email yang dikirim oleh Youtube pada salah satu channel saya tentang Sepeda Motor.
Banyak Akun Youtube yang akan Tumbang

Saya sedikit cerita dulu tentang syarat akun atau channel Youtube yang bisa dimonetisasi adalah sudah punya views sebanyak 10.000 kali dengan demikian kanal Youtube bisa didaftarkan untuk menjadi Youtube Partner Program (YPP) supaya bisa menghasilkan uang dengan Google Adsense. Namun meskipun demikian jika sudah mencapai 10K views, channel yang didaftarkan harus di review dulu oleh pihak Youtube apakah kanal itu layak atau tidak untuk dimonetisasi.

Jadi dengan demikian syarat yang mungkin masih bisa dipenuhi oleh youtuber yang masih baru meskipun masih memiliki sedikit subscriber / pelanggan. Saat itu subscriber tidak diperhitungkan oleh Youtube ketika akan mendaftar YPP sehingga banyak youtuber pemula yang channelnya sudah bisa dimonetisasi.

Namun kabar buruk datang dari Youtube tentang peraturan baru tersebut dan mungkin akan membuat banyak youtuber "kecil" akan tumbang. Seperti apa isi surat itu, silakan simak di bawah ini.

  1. Syarat terbaru channel Youtube untuk bisa dimonetisasi adalah 4000 Jam views dalam 12 Bulan (1 tahun) artinya 4.000 jam views itu harus dicapai paling lambat 12 Bulan, jika lebih maka tidak bisa dimonetisasi. 
  2. Harus sudah punya subscriber / pelanggan sebanyak 1000 pelanggan, tapi ini untuk subscriber ini tidak memakai batasan waktu
  3. Untuk channel Youtube yang sudah monetisasi dan belum memenuhi dua syarat diatas, masih diberikan waktu sampai 20 Februari 2018, jika sampai tanggal itu belum tercapai kedua syarat tersebut, maka secara otomatis monetisasi akan dinonaktifkan dan tidak bisa mengakses tool Adsense.
  4. Namun jika kedua syarat diatas sudah terpenuhi maka monetisasi akan aktif kembali secara otomatis dan iklan kembali muncul pada video channel. Jadi jika salah satu saja terpenuhi maka tidak bisa aktif.
Kenapa Youtube membuat aturan baru yang terasa sangat berat untuk dipenuhi oleh Youtuber pemula seperti saya? di bawah ini beberapa opini saya:
  1. Dengan syarat 10.000 views dengan mengabaikan banyaknya subscriber dirasa terlalu mudah untuk dilewati oleh Youtuber, maka dengan demikian akan banyak sekali ada channel baru yang mendaftar untuk menjadi YPP, itu mungkin membuat pihak google kewalahan. Oleh sebab itu banyak akun youtube ketika masa review banyak yang tidak mendapatkan kabar pasti tentang status akun mereka apakah lolos atau tidak.
  2. Mungkin pihak Youtube atau Google Adsense (GA) merasa YPP yang kecil dan tidak bisa menerima gajian setiap bulan sudah terlalu banyak dan itu membuat daftar piutang semakin banyak.
  3. Dengan dua syarat yang baru itu diharapkan channel yang mendaftar sebagai YPP merupakan channel yang memang benar-benar berkualitas hal ini diukur dari jumlah suscriber. Jika sub sudah banyak dalam jangka 12 bulan bahkan kurang dari itu maka dipastikan channel itu memiliki konten yang baik.
  4. Bagi Channelnya yang sudah dimonetisasi namun masih kurang salah satu syaratnya, silakan lebih giat lagi bikin konten yang bagus supaya view cepat 4000 jam dan sub 1000.
Saya sendiri juga harus kehilangan sedikit penghasilan dari aturan baru ini karena subscriber baru 290 padahal sudah bisa menghasilkan sekitar 10 USD perbulan. Nah mungkin hanya itu curhat kali ini tentang peraturan baru Youtube untuk monetisasi Channel. Pertanyaan lainnya adalah kemana penghasilan kita selama ini apakah akan disimpan oleh Youtube? Misalnya ada yang sudah punya penghasilan 90 USD, apakah itu akan lenyap? tunggu kabar selanjutnya, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Banyak Akun Youtube yang akan Tumbang"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih