Yamaha NMax Tidak Mau Hidup Setelah dicuci?

Advertisement
Advertisement
Ini adalah yang pertama kalinya motor matik Yamaha Nmax saya tidak mau hidup, entah apa penyebabnya saya tidak tahu. Ceritanya begini karena motor sudah terlalu kotor dan banyak lumpur yang nempel pada kolong  bawah tangki dan juga pada bagian belakang seperti CVT, knalpot, arm dan juga saringan udara, oleh sebab itu diputuskan untuk dicuci di rumah saja mumpung airnya lagi kenceng.

Yamaha NMax Tidak Mau Hidup Setelah dicuci?

Seperti biasa saya mulai menyemprot dari bagian belakang dulu, saya semprot dengan air dari PAM yang jam itu sekitar pukul 14.00 Wita memang lagi kencengnya. Setelah disemprot supaya kotorannya lepas baru dibersihkan dengan air sabun. Setelah itu dibilas lagi supaya bersih.

Setelah selesai pada bagian belakang, penyemprotan dilanjutkan pada bagian depan depan, seperti biasa disemprot dulu baru dibersihkan dengan air sabun kemudian dibilas. Karena kotor banget maka sempat disemprot beberapa kali supaya benar-benar bersih.

Setelah itu maka semuanya dilap kering supaya tidak terlalu lama airnya nempel pada motor. Setelah saya lap kering nah seperti biasa setelah itu motor pasti dihidupkan. Namun apa yang terjadi motor tidak mau hidup padahal listrik dari aki sangat kuat untuk memutar dinamo starter namun motor tidak mau hidup. Setelah dicoba distarter beberapa kali masih tidak mau juga.

Seperti diketahui kalau NMAx tidak punya kick starter, mulailah saya panik, karena tumben ketemu kasus kayak gini. Akhirnya saya mencari cara di Youtube, menemukan beberapa cara seperti:

  1. Membersihkan tombol stater, namun cara ini saya pikir tidak sesuai karena saat tombol distarter dinamo statrter mau berputar dan bahkan sangat kencang, namun tetap tidak mau hidup.
  2. Cara kedua adalah memukul-mukul dinamo starter, saya juga coba namun saya pikir dengan cara satu dinamo mau berputar jadi cara kedua ini juga tidak sesuai.
  3. Ketiga adalah memeriksa sekring pada sambungan yang ada pada aki, ada empat sekring yang terpasang, saya cek semuanya ternyata semuanya masih bagus tidak ada yang putus.
  4. Cara keempat adalah memeriksa standar samping, kadang saklar standar samping suka main-main. Namun hal ini juga tidak mungkin karena starter sudah hidup namun mesin tidak mau hidup, jadi cara ini juga tidak membantu.
  5. Kelima adalah cek bahan bakar, namun cara ini juga tidak ada hubungannya karena panel BBM menunjukkan masih dua strip, jadi tidak mungkin BBM habis.
  6. Sempat juga saya baca kemungkinan yang kena adalah kabel relay starternya bahkan lebih parah bisa kena ECU, wih bisa tekor saya, ketika membaca artikel itu jika benar sampai kabel relay statter dan ECU yang kena.
  7. Cara terakhir adalah mengecek busi, namun tidak sempat saya coba karena hari sudah sore sekitar pukul 18.00 wita, saya putuskan untuk membiarkan motor saya mati dulu, besok paginya saya mau coba lagi.
Dalam hati sempat saya bernazar, jika besok pagi motor itu mau hidup, maka saya janji akan mengunjungi salah satu obyek wisata selfie yang ada di Bangli yakni Twin Hill yang ada di Sidan yang kebetulan sempat saya lihat di share di FB oleh teman saya.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali sekitar pukul 05.45 Wita saya ambil kunci dan mencoba menghidupkan motor NMax saya, karena akan antar istri kerja, jadi saya coba saja dulu untuk menghidupkannya. Setelah saya coba tanpa melakukan apa-apa, ternyata NMaxnya bisa hidup lagi bahkan hanya dengan sekali sarter.

Nah dari kejadian itu kira-kira apa yang membuat NMAX tidak mau hidup setelah dicuci? mungkin bisa jadi businya yang basah? atau bisa jadi yang lain juga, yang jelas setelah didiamkan selama semalam mungkin sudah pada kering akhirnya motor mau hidup lagi.

Nah itulah sedikit cerita saya saat NMax tidak mau hidup setelah dicuci, namun setelah didiamkan selama semalam akhirnya mau hidup lagi tanpa melakukan apapun. Dengan demikian akhirnya saya memenuhi janji saya  dan saya pun berangkat ke Twin Hill yang ada di Bangli sekitar pukul 10.00 Wita. Semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Yamaha NMax Tidak Mau Hidup Setelah dicuci?"

Posting Komentar

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih