Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Canggihnya Fitur USB OTG pada Android

Fitur OTG (On The Go) pada Android sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun fitur ini hanya terdapat pada beberapa perangkat Android saja yang artinya tidak semua HP Android support dengan OTG ini karena memang masih terbatas pada merk tertentu saja.

Canggihnya Fitur USB OTG pada Android

Kali ini saya mau bercerita sedikit tentang pengalaman memakai OTG ini yang saya rasakan juga pada hari ini karena pada hari ini saya membeli kabel OTG untuk bisa menyambungkan beberapa benda lain dari luar dengan perangkat Android saya yang kebetulan sudah support OTG.

Nah apa saja yang bisa dilakukan dengan fitur OTG ini pada Android. Nah sudah pasti fitur USB OTG ini bisa memudahkan kita dikala mentransfer data dari flashdisc ke HP. Namun sebelum itu kita harus aktifkan dulu fitur OTG pada HP. Untuk letak pengaturan OTG ini sudah pasti ada dipengaturan, mungkin setiap HP akan berbeda.

Saya sendiri sudah mencoba menggunakan OTG ini untuk membaca sebuah USB Flashdisc (FD) via Android dan mengcopy beberapa file yang ada di sana dan dipindahkan dari FD ke HP tanpa bantuan komputer cukup dengan kabel OTG itu saja. Mungkin itulah fungsi umum dari fitur OTG ini yakni untuk mentransfer data secara langsung dari media lain.

Selain itu fitur OTG ini juga berguna untuk menyambungkan keyboard dan mouse wireless ke HP Android. Saya juga sudah mencobanya karena kebetulan saya punya keyboard dan mouse wireless maka saya punya kesempatan untuk mencobanya dan keduanya bekerja dengan baik pada HP Android saya.

Selain itu masih ada beberapa fungsi lain dari OTG ini, misalnya kita bisa menyambungkan USB Soundcard ke HP kita untuk merekam suara supaya hasilnya lebih bagus terutama saat memakai mic eksternal saat melakukan perekaman. Bisa juga untuk menghubungkan joystick saat main game di Android kamu.

Nah itulah sedikit eksperimen saya dengan OTG yang ada pada Android ini, semoga bermanfaat, untuk lebih jelasnya bisa tonton video di bawah ini.

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Canggihnya Fitur USB OTG pada Android"