Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gianyar Punya Kebun Raya di Payangan

Gianyar yang memiliki wilayah yang cukup luas dan memiliki banyak wilayah yang hijau membuat salah satu wilayahnya disulap menjadi Kebun Raya. Saat ini Gianyar sudah memiliki Kebun Rayayang berlokasi di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar.

Gianyar Punya Kebun Raya di Payangan
Foto: Pande Dodik Sukadana
Banjar Pilan dikenal memiliki hutan alami sehingga cocok untuk didirikan kebun raya. Tujuan dari mendirikan kebun raya ini merupakan komitmen pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan hutan tersebut dan nantinya juga sebagai obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara.

Selain sebagai bentuk pelestarian dan objek wisata pada umumnya, manfaat dari pembangunan kebun raya ini juga bisa sebagai tempat konservasi, pendidikan, penelitian, dan jasa lingkungan sebagai penghasil oksigen yang berguna untuk melindungi bumi dari pemanasan global.

Jika suatu tempat atau hutan sudah dirubah menjadi kebun raya maka tidak mungkin akan dirubah menjadi mal atau hotel. Di belahan bumi mana pun tidak ada kamus kalau kebun raya itu dirubah menjadi tempat yang berbeda, sebab terbukti memberi manfaat bagi kehidupan di bumi ini. Jadi, sekali dibangun, maka untuk selamanya.

Lokasi Kebun Raya Gianyar ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli yang terkenal dengan wisata alamnya. Salah satu ciri khas kebun raya tematik ini selain pemandangan alamnya adalah keberadaan satwa Kijang yang cukup banyak.

Konsep Kebun Raya Gianyar akan dirancang tematik, dipadukan dengan keragaman flora di Hutan Pilan dengan aneka tumbuhan langka yang banyak digunakan untuk kepentingan upacara keagamaan oleh masyarakat Bali.

Kabarnya Kebun Raya Gianyar ini akan dibuka (soft opening) pada hari Senin 17 Juli 2017. Untuk mencari lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari Denpasar. Nah bagi kamu yang ingin tahu lebih tentang Kebun Raya Gianyar ini, silakan datang pada soft opening hari Senin 17 Juli 2017
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Gianyar Punya Kebun Raya di Payangan"