Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar

Sebagai warga negara yang baik maka sudah sepantasnya kita membayar pajak. Salah satu pajak tahunan yang harus di bayar adalah pajak kendaraan bermotor baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.


Saat ini wajib pajak sudah diberikan kemudahan untuk membayar pajak yakni dengan adanya sistem pembayaran online maka akan sangat memudahkan bagi wajib pajak yang dari luar kota untuk melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan terutama pajak tahunan.

Saya sendiri yang dari Buleleng dan plat nomor polisi juga terdaftar di Buleleng, dengan adanya samsat online maka saya tidak perlu pulang kampung hanya untuk membayar pajak tahunan kendaraan saya. Apa lagi saat ini ada gerai Samsat yang buka 7 hari kerja dari Senin sampai Minggu.

Namun kali ini saya memilih untuk membayar pajak kendaraan saya di kantor Samsat bersama yang ada di Jl. Cok Agung Tresna atau dekat jalan Tantular No. 1, Panjer, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80234. Saya memilih tempat ini karena satu arah dengan jalur tempat kerja.

Saya memilih untuk datang pagi-pagi sekitar pukul 07.45 Wita saya sudah ada dilokasi. Bagi yang bawa sepeda motor silakan parkir di dalam, pagi-pagi masih sepi dan parkiran masih kosong. Saat masuk ruang samsat ternyata harus perlu map, saya kira ada map yang disediakan oleh petugas seperti di Gerai samsat Kubutambahan.

Karena tidak bawa map saya pun harus beli map, harga map Rp 1.000,- namun saya tidak bawa uang pas, bawa uang gede petugas bilang belum ada kembalian, nah jadilah saya dengan pongah ngebon dulu map di tukang fotokopi tersebut. Baik banget petugasnya di kasi ngebon Map.

Nah berikut ini saya akan jelaskan prosedur untuk Samsat tahunan kendaraan di Samsat bersama Renon Denpasar.

Sebelum kamu datang, sebaiknya persiapkan beberapa dokumen berikut ini.

  1. Siapkan satu map warna bebas.
  2. Siapkan 1 lembar Fotokopi STNK + Aslinya (keluarkan dari plastiknya)
  3. Siapkan 1 lembar Fotokopi BPKB
  4. Siapkan 1 lembar fotokopi KTP
Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Silakan simak persyaratan yang lebih lengkap digambar ini
Setelah itu silakan, masukkan semua dokumen itu ke dalam map. Jika kamu lupa fotokopi dan bawa map, maka disana sudah ada tukang fotokopi dan map yang dijual dengan harga Rp 1.000,- per map.

Setelah semua siap dan kamu sudah membawa uang tunai untuk membayar pajak maka silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan masuk ke ruangan Samsat bawa map yang isinya sudah lengkap, baru masuk di kanan ada bagian informasi, silakan taruh map disana. Jika ada dokumen yang kurang lengkap maka akan dipanggil oleh petugas. Jika map isinya sudah lengkap maka tinggal duduk manis saja untuk di panggil oleh bagian pendaftaran. Saat disini kita juga sudah mendapatkan nomor antrean yang sudah dibuatkan oleh petugas informasi tersebut. Setelah selesai diperiksa kelengkapan data, maka bagian informasi akan membawa semua dokumen dan nomor antrean ke bagian pendaftaran. Jadi kita tinggal duduk santai sambil menunggu nama dipanggil sesuai dengan KTP/ STNK.
  2. Setelah dipanggil oleh petugas pendaftaran, map dan nomor antrian dikembalikan kepada pemohon, disini map hanya distempel dan disahkan. Setelah itu kita disuruh untuk ke bagian progresif yang letaknya di belakang (sudah ada petunjuk di tembok dengan tulisan Progresif).
  3. Sebelum masuk ke bagian progresif, serahkan map disana kepada orang yang duduk diluar, kita akan disuruh mengisi nomor HP kita di bagian map entah apa fungsinya, setelah itu silakan tunggu di dalam dan nanti akan dipanggil sesuai dengan nomor antrean biasanya dimulai dengan huruf A.
  4. Setelah itu akan dipanggil oleh petugas progresif, disana kita akan diperlihatkan daftar sepeda motor yang sesuai dengan KTP dan juga ditanya apakah kendaraan tersebut masih milik anda atau sudah dijual. akan ada dua pilihan jika masih milik sendiri diakui sebagai milik sendiri, namun jika sudah dijual namun belum balik nama oleh pemilik baru, maka silakan bisa diblok untuk menghindari pajak progresif. Untuk tarif progresif tidak perlu saya jelaskan lagi.
  5. Setelah selesai mendata jumlah kendaraan maka akan diberikan selembar kertas yang berisi daftar kendaraan dan juga harus ditandatangan oleh pemohon.
  6. Setelah selesai diprogresif, kembali ke ruangan awal, disana kita antre lagi untuk membayar pajak. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil oleh petugas. Saat membayar pajak disini kita diberikan dokumen lagi bukti pembayaran.
  7. Setelah selesai membayar maka tahap terakhir adalah pengesahan dan penyerahan STNK. Silakan tunggu atau antre lagi, nanti akan dipanggil sesuai dengan nomor antrean. Silakan serahkan nomor antrean dan dokumen yang didapat saat membayar untuk mengambil STNK.
  8. Selesai silakan cocokkan STNK jangan sampai tertukar silakan simpan dengan baik STNK sampai tahun depan untuk dikeluarkan lagi.
Nah itulah langkah-langkah untuk membayar pajak tahunan kendaraan di Samsat bersama Renon Denpasar. Sangat mudah dan tidak ribet dan tidak perlu pakai calo selain itu petugasnya juga ramah-ramah, jadi ke depannya kamu bisa datang sendiri atau sama pacar atau teman biar ada teman ngobrol. Semoga bermanfaat.

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana di tempat Informasi (naruh Map) Petugas sedang sibuk memeriksa map dan membuat nomor antrrean

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana ruang tunggu

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana di ruang Progresif

Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

1 komentar untuk "Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar"

  1. hallo mau tanya,adik saya beli motor baru dibali cash,,tapi mau perpanjang pajak...KTP masih jakarta ,gimana itu??

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih