Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Soal Ujian Teori saat Kamu Mencari SIM C

Brosis, sebagai warga negara yang baik dan taat aturan kadang hal itu tidak membuat serta merta kita mendapat jalan mulus ketika kita akan berurusan dengan instansi pemerintah. Salah satu contoh yang akan saya tuliskan disini adalah ketika kita akan mencari SIM C atau memperpanjang SIM C karena sudah akan kadaluwarsa.

Sebelum masuk ke tempat pencarian SIM biasanya kita akan terpikir kalau sampai disana pasti akan ribet dan disuruh kesana dan kemari jika kita mengurus sendiri SIM yang akan kita buat. Namun jika kita menyerahkan uang yang lebih dan minta tolong kepada petugas untuk mengurus SIM tersebut maka kita tinggal duduk saja dan menunggu panggilan untuk di Foto saja.

SIM C Ilustrasi
Sebenarnya apa saja syarat untuk membuat SIM C baru? Berikut adalah syarat dan biaya untuk membuat SIM C baru yang saya kutip dari satu layanan.

  • Umur minimal 17 tahun
  • KTP Asli & Fotokopi KTP (4 Lembar)
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter
  • Mengisi formulir permohonan disertai fotokopi KTP dan pas foto
  • Mengikuti ujian teori yang diadakan, apabila lulus ujian maka akan melanjutkan ke tahapan berikutnya
  • Menjalani ujian praktik sesuai dengan jenis SIM yang di kehendaki
  • Pemohon yang lulus dalam ujian teori dan praktik akan dipanggil untuk pembuatan SIM
  • Membayar biaya sebesar Rp 100.000,-
Sedangkan untuk memperpanjang SIM C, berikut adalah syarat dan biaya untuk memperpanjang SIM C baru yang saya kutip dari satu layanan.
  • Mengisi Formulir Permohonan
  • KTP Asli & Fotokopi KTP (4 lembar)
  • SIM Asli
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter
  • Uji Keterampilan Mengemudi Melalui Simulator Rp 50.000,00
  • Asuransi Rp 30.000,00, jadi total membayar perpanjangan SIM C adalah RP 80.000,-
Jika masa berlaku SIM sudah habis, sesuai dengan peraturan terbaru maka pembuatan SIM akan mengikuti prosedur yang sama seperti membuat SIM Baru. Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 Tahun 2012, tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM dikatakan habis (mati) apabila lewat dari ketentuan tanggal yang tertera dalam masa berlaku SIM.

Perpanjangan SIM yang habis masa berlakunya dikenai beban biaya yang setara dengan pembuatan SIM Baru, SIM C Rp 100.000. Sedangkan untuk perpanjangan SIM sebelum masa berlakunya berakhir dikenai biaya Rp 80.000 untuk SIM C (seperti tertera di atas).

Dari syarat yang saya kutip dari satu layanan maka sudah sangat jelas bahwa untuk mencari SIM C itu kena biaya Rp 120.000 dan untuk memperpanjang SIM C itu kena biaya sebesar Rp 80.000 saja. Nah jika kamu harus mengikuti prosedur diatas maka kamu akan mendapat ujian teori dan ujian praktek di lapangan. Untuk soal ujian teori akan ada sebanyak 30 soal dalam bentuk esai yang dibacakan di komputer yang harus dijawab dalam waktu 1 menit. Nah berikut adalah contoh soal yang harus dijawab ketika kamu ujian teori saat mencari SIM C, silakan kilk disini.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

2 komentar untuk "Inilah Soal Ujian Teori saat Kamu Mencari SIM C"

  1. Untuk materi soal ujian teori SIM C di Bandung...jauh berbeda dengan soal yg diujikan :)

    BalasHapus
  2. Pertanyaan uji teori ada yg ga masuk diakal,al hasil gagal uji

    BalasHapus

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih