Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Username dan Apa Fungsinya?

Brosis, mungkin ada yang sudah tahu apa itu Username atau dalam bahasa Indonesia disebut nama pengguna atau ID pengguna. Saat ini hampir kebanyakan aplikasi atau media sosial yang ada sekarang menuntut kita untuk membuat satu username supaya bisa memakainya. Salah satu media sosial yang sejak awal mewajibkan kita membuat username adalah ketika mendaftar di Twitter.

Apa Itu Username dan Apa Fungsinya?

Nah sekarang pertanyaannya adalah apa itu Username? Username ini merupakan sebuah identitas yang tidak ada duanya di dunia maya, jika kamu sudah memakai username tertentu saat mendaftar di sebuah media di Internet maka orang lain tidak bisa memakai username itu lagi. Sebagai contoh misalnya kamu sudah mendaftar di Twitter dengan nama pengguna atau username @madekri maka ketika ada orang lain yang mendaftar di twitter dengan username umahbaju maka akan ditolak oleh pihak twitter dan menyatakan kalau username itu tidak tersedia atau sudah terpakai.

Selain di Twitter masih banyak lagi aplikasi atau media sosial yang mewajibkan kita memiliki username salah satunya lagi adalah Instagram. Misalnya saya sudah mendaftar di Instagram  dengan nama pengguna atau username @madekri maka ketika ada orang lain yang mendaftar di Instagram dengan username umahbaju maka akan ditolak oleh pihak Instagram dan menyatakan kalau username itu tidak tersedia atau sudah terpakai, oleh sebab itu orang itu harus mencari username lain supaya bisa mendaftar.

Selain media sosial seperti Twitter dan Instgram, untuk pengguna Facebook juga bisa membuat Username atau nama pengguna namun pada facebook nama pengguna tidak bisa dirubah, jika sekali membuat username pada facebook maka akan selamanya terpakai. Beda dengan di Twitter dan Instagram, kita bisa sesuka hati mengubah username sepanjang username itu masih tersedia atau belum dipakai oleh orang lain. Saat kita menyebut username di media sosial biasanya di depannya diawali dengan kode atau tanda @ baru dilanjutkan dengan nama usernamenya.

Jadi kesimpulannya adalah Username itu adalah identitas seseorang di dunia maya bisa berupa huruf atau gabungan beberapa huruf dan angka dan juga ada tanda baca seperti underscore (_) dan tidak ada duanya, username seseorang di dunia maya itu tidak ada yang sama jadi tidak ada username yang tertukar. Nah itulah sedikit penjelasan tentang username, semoga bermanfaat.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

6 komentar untuk "Apa Itu Username dan Apa Fungsinya?"

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih