Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Seseran di Desa Bebetin

Akriko.com - Brosis, apa kabar, sudah hampir lebih dari sebulan saya tidak sempat datang ke obyek wisata alam yang ada di Bali. Kebetulan hari ini saya sedang berada di kolam renang Manuksesa di Sawan, namun tidak untuk berenang tapi untuk keperluan lain. Setelah selesai di sana saya berencana mandi di tukad Daya atau tukad Bontihing, namun karena airnya keruh tidak jadi mandi di sungai.

Air Terjun Seseran di Desa Bebetin

Lalu datanglah ide spontan dari teman saya yang mengajak saya untuk mandi di pemandian Teja atau Air Terjun Seseran nama aslinya. Sebenarnya saya sudah lama mendengar nama Air Terjun Seseran ini, tapi tidak tahu lokasi sebenarnya. Dulu sekitar tahun 2000-2005 saya sering datang ke desa Bebetin ini, namun tidak pernah mendengar nama air terjun Seseran ini. Saya mengetahui air terjun Seseran ini sekitar tahun 2015 lalu.

Kebetulan saya punya banyak teman di Bebetin, akhirnya saya sempat bertanya dengan seorang teman tentang air terjun Seseran ini, namun dia sendiri juga kurang begitu paham dengan lokasi Air Terjun Seseran ini. Pada akhirnya saya juga tidak begitu menghiraukan tentang keberadaan air terjun Seseran ini.

Kebetulan hari ini saya bersama dua teman saya lagi berada di dekat sana dan akhirnya kami pun memutuskan untuk  datang kesana. Karena saya datang dari desa Tamblang maka jalur yang harus saya cari adalah jalur dari desa Bontihing. Lokasi dari Air terjun seseran ini memang agak ke dalam dan jalannya juga kecil hanya cukup untuk satu jalur sepeda motor saja.

Nah jika kamu sudah sampai di desa Bebetin di sebelah selatan pohon beringin ada pertigaan ke kanan dan menurun nah kamu masuk ke jalan itu kurang lebih lagi 100 meter. Setelah itu akan menemukan jembatan dan agak menikung ke kanan, di sebelah kiri ada jalan setapak, kamu masuk jalan itu, sekitar lagi 100 m maka kamu akan menjumpai lokasi dari air terjun Seseran ini.

Setelah sampai di lokasi kamu akan menemukan air terjun di sebelah kanan jalan, air terjun ini memang tidak tinggi, namun lebih persis seperti jalur air biasa yang agak tinggi. Setelah itu kamu menuju lokasi air terjun yang ada pemandiannya. Air terjun Seseran ini memang tidak tinggi, namun bagian bawahnya yang agak luas sangat bagus untuk mandi dan berenang, kedalamannya hampir sampai leher jika dekat air terjunnya dan jika agak di pinggiran kedalamannya sampai pinggang.

Air Terjun Seseran di Desa Bebetin


Di lokasi air terjun Seseran ini juga sudah ada satu warung, yang menyediakan snack dan juga mie instant. Untuk parkir saat ini memang belum ada parkir khusus, jika datang ke lokasi air terjun ini, sepeda motor di parkir di jalan setapak itu dan ketika akan balik agak sedikit susah karena jalan yang sempit. Jika tidak mau susah mendingan parkir di luar jalan setapak atau di pinggir jalan utama dan untuk ke air terjun jalan kaki sekitar lagi 100 m saja. Nah itulah sedikit info tentang Air terjun Seseran yang berlokasi di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, semoga bermanfaat.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Air Terjun Seseran di Desa Bebetin"