Pengertian Trimurti Dalam Hindu

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, Selama kita masih di bangku sekolah, baik dari sekolah dasar maupun sampai kejenjang lebih tinggi yaitu bangku kuliah, kita selalu mendapat mata pelajaran Agama sesuai dengan Agama yang kita anut dan banyak sekali materi pelajaran Agama yang kita dapatkan. Kali ini saya akan mencoba menulis kembali semua pelajaran Agama Hindu yang pernah saya pelajari.

Berdasarkan dari buku dan media online lainnya, saya akan menulis ulang semuanya di sini. Mungkin paling dasar pelajaran Agama Hindu itu adalah tentang Trimurti. Trimurti adalah tiga bentuk kekuatan manifestasi Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau bisa juga disebut Brahman dalam menciptakan, memelihara, dan melebur alam beserta isinya.

Trimurti tiga manifestasi Brahman yang terdiri dari:
Dewa Brahma yang fungsinya sebagai Pencipta (Utpathi), saktinya Dewa Brahma adalah Dewi Saraswati yang merupakan Dewi ilmu pengetahuan. Dewa Brahma disimbolkan dengan huruf A (Ang) dan warna merah serta memilki senjata Busur.

Dewa Wisnu yang fungsinya sebagai Pemelihara (Sthiti), saktinya Dewa Wisnu adalah Dewi Laksmi atau Dewi Sri yang merupakan lambang dari padi. Dewa Wisnu disimbolkan dengan huruf U (Ung) dan warna hitam serta memiliki senjata Cakra.

Dewa Siwa yang fungsinya sebagai Pelebur (Pralina), saktinya Dewa Siwa adalah Dewi Durga, Uma dan Parwati. Dewa Siwa disimbolkan dengan huruf M (Mang) dan warna Panca Warna dan memiliki senjata Trisula.

Apabila ketiga simbol dari masing-masing Dewa dari Trimurti tersebut digabungkan maka akan menjadi AUM yang kemudiam dibaca menjadi "OM" yang merupakan simbol suci Agama Hindu. Setiap kita akan mengucapkan mantra Hindu pasti diawali dengan kata OM itu artinya kita menyebut tuhan dahulu sebelum memulai sesuatu begitu juga ketika akan mengakhirinya.

Nah itulah penjelasan singkat tentang Trimurti, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Trimurti Dalam Hindu"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih