Pengertian Catur Purusa Arta dan Bagiannya

Advertisement
Advertisement
Om Swastyastu, semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan atau Sang Hyang Widhi. Tuhan menciptakan makhluk hidup di dunia ini bukan tanpa tujuan. Begitu juga kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini harus memiliki tujuan yang jelas.

Dalam ajaran agama Hindu tujuan hidup manusia sudah diatur dengan jelas, tujuan hidup manusia dalam Hindu ada empat yang disebut dengan Catur Purusa Artha yang terdiri empat bagian.
Catur Purusa Artha terdiri dari tiga kata yaitu Catur artinya empat, Purusa artinya hidup dan Artha artinya tujuan atau kekayaan. Jadi Catur Purusa Artha artinya empat tujuan hidup manusia yang akan memperkaya lahir dan bathin dengan jalan dharma untuk mencapai moksa sebagai tujuan akhir atau "Moksartham Jagaditha ya ca Iti Dharma"
Catur Purusa Artha atau sering juga disebut Catur Warga terdiri dari empat bagian tahapan yang harus dijalani yaitu Dharma, Artha, Kama, dan Moksa.

Dharma artinya kebenaran absolut yang mengarahkan manusia untuk berbudhi pekerti luhur sesuai dengan ajaran agama yang menjadi dasar hidup manusia. Dharma itulah yang mengatur dan menjamin kebenaran hidup manusia. Keutamaan Dharma sesungguhnya merupakan sumber datangnya kebahagiaan, memberikan keteguhan budhi dan menjadi dasar serta jiwa dari segala usaha tinggkah laku manusia.

Artha artinya kekayaan dalam bentuk benda atau materi keduniawian yang merupakan penunjang bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Artha ini bisa dalam bentuk uang, tanah, perhiasan dan segala kemewahan dalam bentuk nyata. Tetapi diharapkan untuk memperolehnya selalu menggunakan jalan dharma dan tetap hidup sederhana untuk bisa mencapai tujuan hidup yaitu sejahtera dalam arti selalu bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan harta yang dimiliki.  Jika memiliki harta yang lebih alangkah baiknya kalau bisa berbagi kepada kaum yang miskin atau dana punia karena itu juga salah kewajiban dalam hidup sebagai manusia.

Kama artinya keinginan atau nafsu untuk memperoleh kenikmatan (wisaya). Kama berfungsi sebagai penunjang hidup yang bersifat tidak kekal. Setiap manusia normal pasti memiliki keinginan atau nafsu untuk memiliki sesuatu dan memuaskan diri. Tetapi sebagai manusia yang berbudi dan memiliki dharma maka manusia mampu menilai perilaku mana yang baik dan buruk artinya keselarasan antara nafsu dengan norma kebenaran yang berlaku. Sehingga tidak ada perbuatan dari nafsu manusia satu yang merugikan orang lain. Misalnya mencuri atau memperkosa.

Moksa artinya seperti yang dijelaskan di atas bahwa tujuan akhir dari hidup manusia adalah Moksa. "Moksartham Jagaditha ya ca Iti Dharma" Moksa adalah kelepasan, kebebasan atau kemerdekaan jiwa serta manunggalnya roh dengan Pencipta (Sang Hyang Widhi) sebagai tujuan tertinggi dan terakhir. Bebasnya Atman dari segala keterikatan suba dan asuba karma (suka tan pawali duka)

Nah itulah penjelasan dari Catur Purusa Artha serta bagian-bagiannya, semoga bermanfaat. Om Santhi, Santhi, Santhi Om.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengertian Catur Purusa Arta dan Bagiannya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih