Lowongan Kerja yang Diskriminasi

Advertisement
Advertisement
Malam ini saya tidak sengaja melihat postingan ini di twitter kebetulan sedang ingin membaca berita, siapa tahu ada yang menarik kan bisa ditulis ulang disini.

Twitter balebengong dimention dengan sebuah gambar yang berisi lowongan pekerjaan sebagai sopir atau driver untuk bekerja di sebuah spa di kawasan jalan Sunset Road Kuta. Nama Spa tersebut adalah Taman Air spa, entah kapan lowongan itu dibuka apakah masih baru atau sudah lama.

Dalam lowongan tersebut pada syaratnya yang terakhir cukup diskriminatif atau mengandung SARA, kamu bisa lihat pada gambar tersebut nomor lima bunyinya diutamakan selain Hindu. Nah kira-kira apa coba maksudnya menulis syarat seperti itu.

Pengamatan saya kenapa ada syarat seperti itu mungkin ada hubungannya dengan Hari Raya atau Hari Libur. Di Indonesia ada lima Agama yang di akui dan semuanya memiliki hari raya yang berbeda. Menurut hemat saya mungkin spa tersebut ingin mencari karyawan yang berbeda agama supaya mudah mengatur libur. Mungkin driver yang sudah ada selama ini adalah beragama Hindu, jadi jika dikombinasikan dengan karyawan yang non Hindu maka tidak terjadi benturan liburan karena hari raya Agama.

Ditempat kerja saya juga seperti itu, tetapi pas membuka lowongan kan tidak harus berisi syarat seperti itu, nanti pas sudah ada lamaran masuk baru munkin di seleksi berdasarkan Agama calon karyawan tersebut.

Perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata memang sangat rentan terhadap masalah libur, karena perusahaan pariwisata atau bidang pelayanan harus tetap siap sedia untuk terus bisa memberikan pelayanan, oleh sebab itu jika ada karyawan  yang libur maka karyawan  yang lain bisa mengambil pekerjaan tersebut.

Disini saya tidak bermaksud membela yang punya perusahaan tersebut, saya cuma berusaha berfikir positif atas lowongan pekerjaan tersebut, supaya kita tidak termakan oleh hal yang mungkin bisa memecah belah atau membuat emosi Umat Hindu di Bali. Lebih baik kita tanyakan kepada pihak HRD dari taman air spa untuk mendapat jawaban yang jelas atas lowongan pekerjaan tersebut.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Lowongan Kerja yang Diskriminasi"

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih