Cegah Karyawan Terbaik Resign Dengan Cara Ini

Advertisement
Advertisement
Sebuah perusahaan akan bisa berjalan dengan baik dan bisa mencapai kesuksesan apa bila memiliki karyawan yang bisa diandalkan. Karyawan yang baik akan sangat membantu dalam usaha untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan yang sedang Anda kelola.

Sebenarnya ada beberapa jenis karyawan, ada yang model kutu loncat dan ada juga yang loyal dengan perusahaan. Karyawan yang loyal biasanya paham betul dengan apa yang diperlukan oleh perusahaan sehingga dia menjadi karyawan yang baik dan bisa diandalkan.

Karyawan yang baik itu jika  Anda tidak mampu mengelolanya maka suatu saat bisa menjadi pisau bermata dua yang bisa melukai Anda juga. Oleh karena itu Anda harus pandai menjaga mereka agar tetap loyal pada perusahaan.

Sebagai seorang pemimpin Anda juga harus teliti dan mampu membaca situasi atau keadaan disekitarnya, dimana ada karyawan terbaik anda mulai menunjukkan gelagat tidak betah bekerja pada anda. Akan sangat disayangkan jika karyawan terbaik Anda yang biasa diandalkan akan pergi begitu saja meninggalkan Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencoba mencegah niat mereka jika mulai ada gejala-gejala karyawan terbaik ingin keluar dari perusahaan yang Anda pimpin. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Cobalah untuk saling terbuka, komunikasi adalah hal yang wajib antara karyawan dan pimpinan. Jangan sampai Anda sebagai pimpinan tidak terbuka pada karyawan, mereka juga manusia biasa yang memiliki perasaan dan emosi yang sama dengan Anda. Bicaralah dengan mereka baik-baik, coba bangun komunikasi yang intens. Cobalah menjadi orang yang bisa dipercaya oleh karyawan. Kadang ada karyawan yang ingin berbagi masalah yang dihadapi pada Anda, tapi kadang ada juga karyawan yang malu untuk bercerita, sehingga masalah yang sedang dialami bisa berpengaruh pada pekerjaan, nah Anda yang sebagai atasan harus peka dengan situasi ini, dengan bertanya secara baik-baik pada karyawan tersebut apa yang menjadi masalahnya, dengan cara seperti ini karyawan biasanya merasa diapreasiasi dan merasa lebih dihargai keberadaan dan keadaanya saat itu.
  2. Ajaklah untuk merasa memiliki, kepercayaan Anda pada mereka adalah sebuah motivasi utama bagi karyawan untuk melakukan pekerjaan untuk anda. Selain itu perasaan memiliki bisnis untuk dibesarkan bersama-sama juga akan membuat mereka semakin percaya akan apresiasi yang Anda berikan padanya. Berikan juga informasi mengenai perkembangan perusahaan serta prestasi-prestasi lain yang ada hubungannya dengan perusahaan. Hal ini akan membuat mereka semakin bangga dalam bekerja dan tentunya selalu tetap bisa lebih produktif dan lebih maksimal lagi untuk perusahaan Anda.
  3. Akomodir pendapat mereka, libatkan mereka dalam suatu proses pengambilan keputusan. Sesekali ajak mereka berdiskusi dan saling bertukar pikiran. Jangan terlalu kaku  dan membuat batasan yang terlalu tinggi antara karyawan dan perusahaan. Proses demikian akan membuat karyawan merasa bahwa keberadaannya memang dihargai dan dibutuhkan. Dengan demikian akan lebih banyak referensi dalam pengambilan keputusan maupun dalam hal lain untuk kebaikkan perusahaan yang Anda pimpin. Kadang ada peraturan perusahaan yang terlalu kaku bisa membuat karyawan tidak betah dan ingin berontak.
  4. Bertindak tegas pada karyawan negatif, dalam sebuah komunitas atau sekumpulan orang sudah pasti memiliki sifat dan pemikiran yang berbeda. Ada peran-peran negatif yang bisa mempengaruhi orang-orang baik yang ada di sekitar. Begitu juga dalam perusahaan sudah mungkin ada salah satu karyawan yang berbuat negatif yang memperngaruhi karyawan baik. Jika ada hal seperti itu jangan ragu untuk memberikan sanksi berupa teguran atau bahkan sampai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  5. Interospeksi diri Anda juga, jangan hanya mebankan sekua kesalahan hanya pada karyawan saja. Ada kalanya Anda harus interospeksi diri, adakah suatu kesalahan yang Anda perbuat sehingga membuat karyawan terbaik Anda memilih untuk keluar dari perusahaan yang Anda pimpin. Memang sulit untuk menilai diri sendiri, jika Anda tidak bisa melakukannya maka cobalah bertanya kepada orang terdekat Anda dan suruh jawab jujur, apakah ada tindakan yang selama ini Anda lakukan tidak menyenangkan bagi karyawan atau bahkan menyakiti mereka, jika ada maka mulailah untuk berbenah.
  6. Reward lebih untuk karyawan terbaik, memberikan reward lebih pada karyawan terbaik juga merupakan hal yang penting. Jangan hanya mempekerjakan mereka saja, memberikan sesuatu meskipun sedikit akan membuat mereka lebih dihargai dan merasa lebih bahagia. Selain itu acara rutin untuk karyawan juga perlu, misalnya outing saat perusahaan ulang tahun atau sekedar makan bersama untuk menyambut tahun baru dan lain sebagainya yang bisa membuat karyawan senang.

Jadi jangan biarkan karyawan terbaik Anda meninggalkan perusahaan Anda begitu saja tanpa anda sadari penyebabnya, usahakan untuk selalu menjaga mereka dan membuat mereka merasa nyaman dan betah bekerja untuk perusahaan Anda.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cegah Karyawan Terbaik Resign Dengan Cara Ini"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih