Dilarang Merokok Selama Berkendara

Advertisement
Advertisement

Jalan raya merupakan tempat umum oleh karena itu siapapun boleh berkendara di jalan raya baik dengan sepeda motor atau dengan mobil. Karena banyaknya pengendara di jalan raya maka banyak juga jenis prilaku pengendara baik itu yang wajar maupun sedikit tidak wajar.

Selama ini saya bisa amati beberapa prilaku buruk dari pengendara misalnya menerobos lampu merah, berhenti di depan garis stop, membuang sampah sembarangan dari jendela mobil, dan meskipun sudah ada undang-undang yang mengatur tetap saja dilanggar contohnya menggunakan ponsel saat berkendara dan lain-lain.

Selain beberapa contoh di atas ada lagi satu prilaku pengendara yang saya rasa cukup merugikan pengendara lain misalnya merokok saat berkendara baik motor atau mobil. Seharusnya pemerintah juga mengeluarkan undang-undang tentang larangan mengisap rokok di ruang publik termasuk di antaranya, di restoran, perkantoran dan angkutan umum dan juga jalan raya.

Mengapa merokok harus dilarang selama berkendara alasannya sangat sederhana karena merokok itu mengotori atau membuat polusi udara baik pengendara itu sendiri dan juga pengendara yang ada di belakangnya yang sering terkena asap dan juga abu rokok dari pengendara. Karena selama ini jika ada yang merokok sambil berkendara terutama naik mobil maka mereka akan membuang asap dan abu rokoknya langsung melalui jendela mobil mereka dan itu sangat mengganggu pengendara yang ada di belakang.

Jadi sudah sepantasnya pemerintah melarang kegiatan merokok sambil mengemudi baik mobil atau roda dua. Selama ini mungkin tidak pernah ada laporan merasa dirugikan karena terkena asap atau abu rokok dari pengendara lain karena mungkin dianggap tidak fatal. Saya paling tidak suka melihat ada pengendara mobil sambil merokok dan membuang asap dan abu rokoknya sembarangan dan saya ada dibelakangnya dan belum ada kesempatan menyalip jadilah saya mencium asap rokok itu.

Nah mungkin hanya itu sedikit keluhan saya, apakah ada yang berfikiran sama dengan saya, bagaimana reaksimu?

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Dilarang Merokok Selama Berkendara"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih