Resep Membuat Bakso Sapi Enak

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya bakso, semua orang pasti kenal dengan yang namanya Bakso. Dulu waktu masih kecil pernah dengar lagunya melisa dengan judul Bakso. Bakso bulat seperti bola pingpong, kalau lewat membikin perut kosong, jadi anak janganlah suka bohong, nanti bisa digigit anjing ompong. Itu adalah penggalan lirik lagu Melisa tahun gak enak.

Banyak tempat kita bisa melihat tukang bakso baik yang menetap maupun tukang bakso keliling. Rasa bakso ini memang enak sehingga bisa membuat kita ketagihan dan ingin makan dan makan bakso lagi.

Sebenarnya cara membuat bakso ini sangat mudah, nah jika kamu ingin mencoba membuat bakso dengan kreasimu sendiri maka kamu sudah datang ke tempat yang benar, berikut ini akan saya berikan tentang bahan dan cara membuat bakso sapi.

Bahan bakso daging sapi:
250 gram daging sapi segar.
25 gram es batu.
2 sendok teh garam.
1/2 sendok teh merica bubuk.
2 siung bawang putih.
1 butir telor.
50 gram tepung sagu.

Bahan kuah bakso sapi:
1 kg tulang sapi.
2500 ml air putih.
1,5 sendok makan garam.
2 siung bawang putih di cincang halus.
1 sendok teh merica bubuk.
250 gram tetelan.

Cara membuat bakso daging sapi:
Haluskna daging sapi bersama es batu, garam, merica bubuk dan bawang putih menggunakan food processor, tambahkan telor dan tepung sagu aduk sampai merata.
Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat sesuaikan besar yang diinginkan atau pakai dua sendok untuk membentuk bulatan bakso. Setelah itu masukkan semua adonan yang sudah dibulatkan ke dalam air mendidih, biarkan sampai mengapung itu tanda bakso sudah matang.

Cara membuat kuah bakso sapi:
Rebus tulang sapi selama satu jam dengan api kecil, saring kemudian tambahkan tetelan, bawang putih, merica dan garam, rebus sampai matang dengan api kecil selama satu jam. Nah jika keduanya sudah selesai maka bakso siap untuk disajikan dan disantap, jangan lupa tambahakan taburan daun bawang, daun seledri dan bawang goreng supaya tambah enak dan bagi yang suka pedas, silakan tambahkan sambal.

Nah sangat mudah bukan cara membuat bakso sapi, selamat mencoba semoga berhasil dan menyenangkan.
Advertisement
BERITA TERKAIT :