Safety Gear Saat Berkendara Roda Dua

Advertisement
Advertisement
Brosis, saya yakin kebanyakan orang yang sudah cukup umur sudah pernah naik motor baik untuk jarak yang dekat maupun menempuh jarak yang jauh. Sepeda motor merupakan salah satu sarana transportasi yang paling praktis untuk dipakai bepergian karena sangat mudah untuk dibawa dan juga tidak memerlukan space yang banyak di jalan raya. Dengan sepeda motor kita bisa bepergian maksimal untuk dua orang saja yaitu yang membawa motor dan yang di bonceng, tetapi kadang banyak biker yang memakai motornya untuk mengangkut penumpang lebih dari dua orang.

Sebelum kamu boleh naik motor, secara umum harusnya kamu punya Surat Izin Mengemudi (SIM) tetapi banyak juga biker yang tidak memiliki SIM dengan begitu banyak alasan. Selain itu kelengkapan lain dalam berkendara juga menjadi salah satu modal penting bagi pengendara sepeda motor untuk melindungi diri kita sendiri kelengkapan itu biasanya di sebut Safety Gear. Jika dijelaskan Safety Gear itu merupakan kelengkapan atau perangkat keselamatan yang ideal ketika kita mengendarai sepeda motor, dimana Safety Gear merupakan bagian dari Safety Riding yang berguna untuk melindungi tubuh kita. Ada enam kelengkapan utama yang perlu diperhatikan saat berkendara roda dua yaitu:

  1. Helm ini berada di urutan yang pertama karena merupakan perlengkapan wajib saat kamu berkendara roda dua di jalan raya. Saat berkendara pergunakanlah Helm yang sudah bertuliskan SNI (Standar nasional Indonesia) karena helm tersebut sudah lolos beberapa tahap pengujian. Pakailah helm dengan ukuran pas di kepala dan pastikan kondisi helm dalam kondisi terbaik dan pakailah helm full face atau half face yang ada tali dengan suara Klik biar aman.
  2. Jaket ini selain berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca yang dingin atau panas, jaket juga bisa sebagai style fashion ketika kita berkendara roda dua sehingga terlihat lebih keren.
  3. Sarung tangan ini berguna untuk melindungi tangan kita dari cidera saat terjatuh atau kecelakaan. Selain itu fungsi dari sarung tangan ini juga untuk menjaga tangan kita dari cuaca panas atau dingin.
  4. Celana Panjang mungkin fungsinya tidak jauh beda dari jaket dan sarung tangan yaitu untuk melindungi bagian bawah tubuh seperti paha dan kaki dari cuaca panas dan dingin, usahakan untuk memakai celana jeans atau celana jenis lain yang memiliki kain tebal tetapi masih nyaman untuk di pakai selama perjalanan jauh.
  5. Sepatu sudah pasti juga untuk melindungi kaki dari telapak kaki sampai mata kaki, usakan untuk memakai sepatu yang bisa menutupi sampai mata kaki, selain itu sepatu juga bisa untuk style fashion sehingga bisa tampil lebih keran saat berkendara.
  6. Sebagai tambahan mungkin Masker mulut, alat satu ini sudah mulai banyak biker yang memakai ketika berkendara jarak jauh maupun sehari-hari karena berfungsi untuk menyaring udara kotor dari emisi gas buang kendaraan.
Nah itu adalah beberapa safety gear yang wajib di pakai ketika berkendara roda dua, tetapi masih banyak biker yang tidak mempedulikan keselamatannya sendiri dengan tidak memakai safety gear yang layak. Seperti saya sendiri sering menemui biker yang memakai helm sekedarnya, bahkan ketika menempuh perjalanan jauh pun masih saja ada biker yang tidak memakai Jaket, Celana panjang, Sarung tangan dan sepatu, mereka hanya memakai pakaian biasa,seperti baju kaos saja, hanya memakai celana pendek dan juga tanpa sepatu bahkan ada yang hanya memakai sandal jepit. Nah jika sekarang kamu sudah tahu standar safety gear saat berkendara roda dua, maka mulai sekarang cobalah untuk memakai safety gear saat berkendara roda dua ketika menempuh jarak yang jauh dan kalau bisa juga untuk berkendara harian, nah mungkin hanya itu tips kali ini dari Akriko semoga bermanfaat.
    Advertisement
    BERITA TERKAIT :

    0 Response to "Safety Gear Saat Berkendara Roda Dua"

    Post a Comment

    Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih