Tips menjalin pertemanan di tempat kerja

Advertisement
Advertisement
Rafting di ayung river
Bekerja adalah kewajiban bagi semua orang di masa usia produktif, karna dengan bekerja maka akan ada penghasilan yang tentunya akan di pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga disisihkan sebagai tabungan untuk bisa dipakai sebagai dana cadangan jika ada pengeluaran tak terduga atau mendadak atau tabungan juga bisa di pakai untuk membeli sesuatu yang direncanakan sebelumnya seperti Mobil atau Rumah.


Dalam dunia kerja banyak sekali yang bisa di pelajari di mulai dari skill atau keahlian tentang pekerjaan bahkan sampai tentang hubungan sosial yang menghubungkan pekerja satu dengan yang lainnya dalam satu departemen atau departemen yang lain, supaya terjalin hubungan yang baik antar pekerja maupun dengan atasan bahkan dengan pemilik perusahaan. Sebagai salah satu pekerja atau karyawan yang sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan, banyak karakter teman kerja yang saya temui dari yang polos biasa saja dan mudah bergaul sampai yang sombong dan banyak bicara yang kadang bikin kesal. Dari pengalaman bekerja di beberapa perusahaan saya ingin memberikan beberapa tips dalam menjalin dan menjaga pertemanan dengan rekan kerja. Sebagai senior tentu sudah lebih dulu tahu tentang situasi dan kondisi lingkungan kerja, maka jika ada karyawan yang baru masuk maka senior sebaiknya:

1. Jika belum kenal maka kenalkan diri supaya yang baru tidak merasa canggung dan bila perlu bantu juga untuk berkenalan dengan rekan yang lain.
2. Setelah berkenalan dengan staff yang lain, maka mulailah dengan kenalan lebih dekat dengan menanyakan nama lengkap, asal dan lain-lain.
3. Perkenalkan pekerjaan jika itu adalah rekan satu tim supaya tidak terlalu lama untuk menguasai pekerjaan.

4. Ajaklah junior makan siang, kenalkan tempat-tempat makan disekitar tempat kerja supaya junior tidak kelaparan.
5. Ngbrolah topik seputar hobi, seperti sepak bola, kalau cowok, fotografi, blogger atau apalah yang penting hobi!

Jika junior baru masuk ke tempat kerja maka yang harus di lakukan adalah, jangan sok tahu jangan sombong bahkan SKSD, karena semua itu akan membuatmu tidak baik di mata seniormu yang sudah duluan ada di perusahaan itu, intinya adalah jaga sikap tetap sopan santun dan ramah.
Tips berteman ditempat kerja secara umum mungkin akan lebih mudah dan sederhana jika semua bisa menjaga sikap dan perasaan, mungkin beberapa tips ini bisa di terapkan:

1. Selalu SMS artinya Senyum Manis Selalu dan Selalu Memberi Salam baik kepada atasan maupun sesama staff rekan kerja.
2. Menjaga pembicaraan jangan pernah menyentuh kehidupan pribadi rekan kerja, intinya ngobrol tentang masalah yang secara umum, misalnya tentang olahraga, berita politik dan lain-lain
3. Mencari teman yang memiliki hobi yang sama, karena dengan demikian tentu akan adan percakapan yang akan nyambung seperti tentang olahraga, fotografi, blogger, fashion dan lain-lain.
4. Jangan pernah membahas masalah gaji terutama saat kumpul-kumpul dengan teman-teman kerja, karena itu sangat bisa untuk memunculkan kecemburuan sosial, bahkan jangan pernah membangga-banggakan gaji yang di terima saat ini di depan rekan-rekan kerja.
5. Jangan terlalu banyak bicara atau sok tahu, tentang sesuatu yang mungkin tidak diketahui, atau bisa di bilang tong kosong nyaring bunyinya.
6. Jangan pernah mencuri ide rekan kerja, karna itu sangat bisa membuat rekan kerjamu kecewa terhadap apa yang dilakukan, mecari prestasi boleh tapi jangan bunuh kreasi teman!
7. Jika pertemananmu sebatas di tempat kerja, itu tidak masalah, alangkah baiknya itu bisa terjadi di tempat kerja atau di luar tempat kerja.
8. Bikin acara kecil-kecilan di luar tempat kerja untuk semakin mengakrabkan. Acaranya bisa diaturlah.

9. Jangan pernah mengejek, menjahili atau menghina dan menyindir rekan kerja.
10. Jangan buang angin dan bersendawa sembarangan.


Mungkin masih banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga pertemanan dengan rekan kerja, intinya adalah jaga sikap jangan arogan, mungkin kadang terjadi kesalahan karena tidak sengaja yang membuat rekan kerja tersinggung, apa lagi yang sengaja membuat rekan kerja tersinggung, mungkin hal diatas adalah beberapa yang bisa diterapkan jika ini berguna maka gunakanlah jika menurut anda tidak tepat maka abaikan saja dan saya ucapkan terimakasih! 
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tips menjalin pertemanan di tempat kerja"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih