Beberapa Tradisi saat Tahun Baru Imlek

Advertisement
Advertisement
Seperti setiap perayaan pasti ada sebuah tradisi yang turun temurun yang terus dilestarikan, Tradisi merupakan pengulangan terhadap sesuatu yang baik yang terus dilakukan pada saat tertentu untuk menjaganya supaya tetap tumbuh dan berkembang di jaman yang semakin modern.

Seperti hari ini adalah Tahun Baru China atau lebih dikenal dengan Imlek, saat ini adalah tahun baru Imlek yang ke 2564 dimana saat ini adalah masuk ke tahun Ular air dimana ular air ini adalah simbol yang melambangkan seperti air dimana air adalah pemberi kehidupan dan perbaikan tetapi ada kalanya air juga bisa membawa bencana jika berlebihan, terkadang ada gelembung dalam air yang bisa muncul ke permukaan artinya memungkin munculnya masalah yang sudah lama terpendam bisa muncul lagi.

Seperti biasa menjelang tahun baru Imlek diawali dengan hujan deras dan angin yang kencang, dimana jika imlek disertai dengan hujan itu maknanya bahwa tahun baru ini akan penuh berkah, jarang sekali saya menemui Imlek sebelumnya tanpa hujan dan angin yang kencang, sepertinya Imlek kali ini hujannya agak telat, sampai Imlek tiba pun belum turun hujan.
Dalam perayaan Atau menyambut tahun baru Imlek biasanya ada tradisi atau kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan seperti: Angpao adalah amplop yang biasanya berwarna merah dan berisi gambar biasanya didalamnya berisi sejumlah uang, angpao ini biasanya diberikan kepada anak-anak atau kaum masih lajang yang diberikan oleh orang tua ini bermakna bahwa orang tua mentransfer kesejhateraan ke anaknya karna anaknya dianggap belum bisa mencari uang. Dan katanya orang yang belum menikah tidak boleh memberi Angpao entah apa alasannya saya belum tahu pasti. Tradisi lainnya saat Imlek adalah Adanya Barong sai, barong sai ini melambangkan hewan yang merupakan kendaraan dewa yang sakti yang biasa dipakai pengawal atau bepergian.

Tradisi lainnya saat Imlek adalah adanya tradisi makan bersama keluarga yang harus ada dalam menu makan itu adalah masakan ikan bandeng dimana ikan bandeng ini dipercaya membawa keberuntungan, menu lainnya adalah Mie Panjang umur namanya saja sudah mie panjang umur itu pasti artinya supaya panjang umur dan diberikan kesehatan. Ada juga kue yang identik dengan Imlek adalah Kue Keranjang dan buah yang identik dengan Imlek adalah Buah Jeruk Lokam dan ada juga Buah Naga.

Saya juga pernah mendengar kalau saat imlek itu harus memakai pakain yang semua baru, dimulai dari sandal, daleman serta pakaian luar semuanya harus baru, itu artinya memang menyambut tahun baru semuanya harus baru yang lama dibiarkan tertinggal ditahun yang lama, harapannya di tahun yang baru bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Mungkin hanya itu beberpa penjelasan yang bisa saya berikan untuk tahun baru Imlek ini, saya merupakan orang yang suka dengan budaya china tetapi belum bisa mempelajarinya secara mendalam, mungkin jika penjelasan saya ini ada yang menyimpang saya mohon maaf dan mohon koreksinya, akhir kata, saya ucapkan selamat tahun baru Imlek 2564, Gong Xi Fa Cai. Xie-xie....
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Beberapa Tradisi saat Tahun Baru Imlek"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih