Tips Melayani Calon Pembeli Toko Online

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tak ingin punya toko online  yang laris manis, bisa menjual banyak omset sehari?  hampir semua orang juga pingin punya usaha sendiri, karna kejenuhan dengan suasana kerja yang terlalu banyak menyita waktu. Tapi kadang semua tidak berjalan sesuai dengan keinginan, kadang orang memilih bertahan untuk tetap bekerja sebagai karyawan disuatu perusahaan sambil memiliki usaha sambilan yang bisa menambah penghasilan, dan ada juga memutuskan untuk berhenti sebagai karyawan dan membuka usaha sendiri meskipun masih kecil-kecilan.

Mungkin disini saya tidak akan banyak membahas tentang alasan atau penyebab mereka terus bekerja sebagai karyawan atau harus membuka usaha sendiri, tetapi saya akan membahas masalah pelayanan terhadap konsumen atau pembeli kepada mereka yang sudah punya toko online, karna saat ini begitu banyak orang mebuka usaha toko online baik yang hanya menggunakan blog gratisan ataupun yang sudah memakai domain pribadi yang profesional.

Baiklah saya akan menceritakan pengalaman saya pada saat mau membeli baju dan topi secara online tapi ini merupakan pelajaran kepada saya dan juga penjual karna saya juga merangkap sebagai pembeli dan penjual, karna saya juga memiliki toko online yang bernama toko akriko.

Saya pernah akan mebeli baju dan topi, tapi bukan untuk saya, tetapi untuk sepupu saya, pertama saya BBM orang yang punya toko saya Tanya “apa masih ada stok kaos hitam dengan full sablon didepan dan topinya yang warna hitam hijau?” dia balas hanya sedikit “bajunya masih ada stok, tapi topinya saya cek dulu! Cuma itu saja jawabannya, dan dia tidak ada balasan lagi BBM saya menyangkut pertanyaan saya yang tadi, pada akhirnya saya sendiri yang balik BBM dan menanyakan baju dan topi tadi dan akhirnya saya pun harus mengambil sendiri baju yang saya beli.

Untuk yang kedua saya mencoba membantu menjualkan barang seseoang di blog toko online saya, kebetulan ada orang yang sms order, tetapi saya belum bisa konfirmasi ke calon pembeli, karna belum tahu stok barang, dan akhirnya saya bertanya ke pada yang punya barang dan saya pun sms kepada yang punya barang dengan kata-kata seperti ini “Permisi apa masih ada stok barangnya?” memang sie pertanyaan saya singkat, tahu gak apa yang dibales, katanya sangat singkat Cuma dua kata yaitu “ masih bos” itu saja, dan saya pun jadi males untuk melanjutkan sms dan pada akhirnya calon pembeli itu tidak terlayani dengan baik.

Dari dua kasus diatas saya bisa meberikan tips kepada para penjual online berdasarkan pengalaman saya ditelpon oleh para penjual polis asuransi dan kartu kredit. Untuk kasus yang pertama karna itu tokonya ada yang online dan offline, karna lebih sering pembeli itu akan membeli dengan cara yang mudah, hanya dengan melihat catalog ukuran dan harga, mungkin mereka bisa tertarik untuk membeli, maka dari itu maka untuk kedua kasus diatas maka saya akan berikan tipsnya seperti berikut:

  1. Jika kamu memang benar-benar ingin berjualan online, maka kamu harus tersedia selama 24 jam baik di sms, BBM,email atau telepon,  atau mebalas komentar yang masuk di toko online anda terhadap salah satu barang atau jasa, karna jika anda terlambat menanggapi sms atau BBM yang masuk, itu akan membuat calon pembeli anda pergi, karna hampir semua calon pembeli itu tidak mau menunggu lama.
  2. Jika ada sms atau BBM yang masuk yang menanyakan tentang barang atau jasa yang dijual, maka sudah seharusnya anda membalas sms atau BBM tersebut dengan perhatian dan membalasnya dengan detail dan disambung dengan pertayaan balik, dan jangan pernah mengatakan stok habis atau mengabaikan calon pembeli.
  3. Jika calon pembeli sudah mulai tertarik dengan barang atau jasa yang dijual maka mulailah menambahkan sedikit hal yang membuat calon pembeli merasa  semakin ingin membeli barang atau jasa, misalkan, berikan gratis biaya ongkos kirim kalau itu memungkinkan atau barang akan diantarkan langsung jika itu memungkinkan, supaya lebih kenal dengan pembeli.
  4. Intinya adalah anda harus komunikatif terhadap semua calon pembeli, jika sudah pernah ada orang bertanya banyak hal terhadap barang atau jasa anda, namun belum pernah menghubungi anda lagi, maka andalah yang harus menghubungi lagi, via sms atau BBM cukup tanyakan kabar dan pembicaraan kemarin, dan saya yakin calon pembeli itu akan merasa diperhatikan tapi jangan berlebihan seperti telemarketing asuransi dan kartu kredit karna itu akan membuat calon pembeli tidak nyaman.
  5. Jika sudah ada kesepakatan atau transaksi, pastikan anda menjual barang yang sesuai dengan apa yang anda pajang di toko online, karna jika barang yang dijual kulitasnya beda jauh dengan apa yang ada di gambar dengan kenyataan maka itu akan membuat pelanggan kecewa dan pasti kapok untuk membeli lagi.
  6. Jangan memakai cara pembayaran yang terlalu sulit, cukup dengan transfer ke rekening saja dan pembayaran pastinya fullpayment karna barang dikirim oleh jasa pengiriman barang, dan berikan janji yang pasti kapan barang akan dikirim dan kapan akan sampai ke pembeli, karna pembeli itu tidak mau menunggu lama atas barang yang mereka beli.
  7. Jika sudah pada waktunya barang sampai, maka tidak ada salahnya anda memberitahukan via sms, BBM atau email dan tanyakan apakah barang sudah diterima atau belum, dan jika sudah sampai anda juga bisa menyarankan pembeli tersebut untuk menulis pesan dan kesannya berbelanja di toko anda, baik Cuma via sms,BBM, email, atau anda punya halaman kusus testimonial untuk para pembeli anda.
Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan, mungkin ada beberapa yang masih kurang, jika ada waktu saya akan berbagi lagi beberapa tips, semoga bermanfaat, dan tolong tambahkan lagi dikolom komentar jika anda bersedia untuk berbagi dengan saya disini, sekian dan terimaksih.
Selalu beranggapan bahwa seseorang itu akan berbelanja, maka dari itu layanilah sepenuh hati dan ramah, jangan pernah memilih-milih calon pembeli.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Tips Melayani Calon Pembeli Toko Online"

  1. terima kasih banyak mas, setuju dengan pendapat anda jika ingin dapat pelanggan tetap posisikan bahwa seakan kita yang dilayani, jika kita merasa nyaman dengan pelayanan orang lain, lakukan hal itu pada pelanggan kita.. saya juga punya toko online mas " www.zonabuku.com "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat apa yang saya tuliskan disini, siap ke TKP :)

      Delete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih