Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membongkar Seluruh Cover Body Vario 110 Karbu Setelah sepuluh Tahun lamanya

Akriko.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau bercerita tentang salah satu motor matic pertama saya yang saya beli sepuluh tahun lalu tepatnya bulan Januari 2010. Namun sejak tahun 2014 lalu motor ini bukan saya yang pakai karena saya sudah punya motor baru yakni Vario Techno 125 FI old.
Kali ini kebetulan saya tinggal di kampung karena efek virus corona jadi saya tidak ada pekerjaan. Sebenarnya saya tinggal di Denpasar bersama istri yang bekerja di Hotel, namun karena Covid-19 ini istri saya di rumahkan dan saya juga memilih untuk tidak online sebagai ojol, maka saya putuskan untuk pulang kampung saja untuk sementara.

Supaya ada kegiatan kadang ada saja yang saya kerjakan untuk mengisi hari-hari selama di kampung. Sebelumnya saya sudah memperbaiki sepeda balap jadul saya supaya bisa dipakai untuk olahraga di kampung selama tinggal di kampung dan juga sebagai alat transportasi jika menempuh jarak pendek, terutama jika keluar dari rumah menuju warung orang tua saya.

Nah kali ini saya kerjaan yakni membongkar seluruh cover body Honda Vario 110 CW Karbu yang selama hampir lebih dari 10 tahun tidak pernah dibersihkan pada bagian dalamnya. Motor vario ini sudah saya modifikasi sedikit pada bagian setangnya, kini Vario 110 CW ini memakai telanjang yang memakai part dari Honda best street dan juga X-ride

Cara membongkar body vario 110 CW ini sangat mudah, cukup sediakan obeng plus dan kunci pas dengan ukuran 10, nah seperti apa dan dari mana memulai membuka seluruh body Honda Vario 110 CW, silakan simak langkahnya di bawah ini.
  1. Pertama saya mulai dari cover samping kiri kanan yang di belakang, silakan buka behel dengan, lalu silakan lepas semua sekrup yang ada. ada satu sekrup tersembunyi yakni di bawah fender. Saat membuka cover ini, maka lampu rem juga terbuka karena lampu rem menempel pada cover kiri kanan. Jadi saat membuka cover ini kamu juga otomatis membuka lampu rem. Saat membuka cover kanan, ada sambungan kabel lampu belakang yang harus dibuka dan saat membuka cover kiri ada sling pembuka sadel yang harus di lepas.
  2. Untuk cover depan pada bagian tutup Accu yang di bawah stang, itu bukanya juga harus buka tempat plat kendaraan karena cover itu dikaitkan dengan baut pegangan palt nomor kendaraan.
  3. Untuk membuka cover lainnya baik di depan, cover belakang (yang diatas foot board) dan juga foot board caranya sangat mudah cukup buka semua skrup dan bautnya saja setelah itu silakan buka secara perlahan supaya tidak ada bagian yang pecah atau copot. Nah saat pemasangannya usahakan pasang dulu cover belakang yang diatas foodboard, setelah itu baru pasang footboarnya.
  4. Jangan lupa untuk mengingat baut atau sekrup masing-masing cover supaya tidak ada skrup atau baut yang tersisa saat sudah selesai memasang kembali cover body tersebut.
Setelah selesai membuka semua cover body Honda Vario 110 CW Karbu yang sudah berumur lebih dari 10 tahun, silakan lihat foto-foto di bawah ini sebelum dibersihkan dan sesudah dibersihkan. Bagian paling kotor itu adalah pada bagian tempat footboard dan juga pada bagian samping kiri dan kanan dan juga pada bagian shock depan tempat pasang fender depan.

Begitu juga cover bodynya, pada bagian dalamnya hampir semua kotor karena debu yang sudah menempel. Paling kotor tentu pada bagian footboard dan semua juga kotor karena banyak debu yang menempel karena hampir 10 tahun tidak pernah dibersihkan. Namun saya tidak ada foto karena saya lupa mengambil foto pada bagian dalam cover semua body.

Untuk membongkar, membersihkan dan memasang lagi semua cover itu saya perlu waktu hampir satu hari, karena saking kotornya dan banyak yang harus dibersihkan dan juga perlu waktu untuk mengeringkan dan juga mengingat-ingat bagian-bagian dan baut-bautnya dimana dipasang. Saat terakhir ternyata ada dua baut besar yang tersisa. Namun setelah diingat-ingat akhirnya ketemu juga, ternyata dua baut itu adalah pengunci lampu belakang dengan body.

Membongkar Seluruh Cover Body Vario 110 Karbu Setelah sepuluh Tahun lamanya, Seperti apa tampilannya?

Posting Komentar untuk "Membongkar Seluruh Cover Body Vario 110 Karbu Setelah sepuluh Tahun lamanya"