Cara Membuat Jernih Suara Motovlog dengan HP

Advertisement
Advertisement
Suara yang jernih adalah salah satu hal paling penting ketika kamu melakukan motovlog. Seperti diketahui kalau saat melakukan rekaman di jalan dalam kondisi motor yang berjalan apalagi dalam kecepatan yang agak ngebut maka angin yang menerpa juga semakin kencang.

Cara Membuat Jernih Suara Motovlog dengan HP

Oleh sebab itu kadang suara yang dihasilkan saat kita bicara selama melakukan rekaman motovlog terdengar tidak bagus bahkan sangat jelek karena yang terdengar lebih keras suara angin bahkan suara kendaraan yang berada disekitar kita saat kita berkendara di jalan.

Kali ini saya akan memberikan tips tentang cara membuat suara jernih ketika melakukan motovlog di jalan raya. Tips ini khusus untuk yang low budget saja karena jika sudah punya budget yang banyak kayaknya tips ini tidak diperlukan lagi.

Jadi begini, ketika kita punya budget pas-pasan terutama untuk sebuah kamera action yang dipasang di helm untuk melakukan motovlog, kadang kita bisa mendapatkan gambar yang bagus namun kalah pada suara yang dihasilkan, apalagi suara ini merupakan faktor yang paling penting dalam motovlog.

Seperti diketahui ada beberapa kamera action yang bisa memberikan gambar yang bagus namun menghasilkan suara yang jelek. Untuk itu kita bisa mengakali semua itu dengan bantuan alat lain yakni dengan bantuan mic eksternal dan satu lagi adalah HP untuk merekam suara.

Nah bagaimana caranya merekam aktifitas motovlog dengan kamera action sedangkan suaranya direkam dengan HP dan mic? Sebenarnya sangat mudah, berikut ini akan saya jelaskan seperti apa caranya untuk membuat suaara jernih saat melakukan rekaman motovlog di jalan raya.
  1. Seperti biasa pasang kamera pada Helm namun untuk rekam suaranya kita nonaktifkan, cukup videonya saja, artinya kita merekam video yang bisu alias tanpa suara.
  2. Kita siapkan mic eksternal kemudian kita bungkus bagian kepala mic dengan kain yang cukup tebal supaya suara angin yang menerpa tidak masuk ke rekaman suara.
  3. Pasang mic pada HP yang bisa merekam suara, silakan taruh HP pada tempat yang aman saat motovlogging supaya tidak jatuh.
  4. Nyalakan bersamaan antara kamera dan HP (perekam suara) supaya durasi video dan suara bisa sejalan. Meskipun tidak bersamaan bisa saja, nanti saat editnya harus disinkronkan antara suara dan video.
  5. Jika semuanya sudah menyala dan merekam, silakan memulai perjalanan.
  6. Jika sudah selesai maka silakan matikan kamera dan perekam suara secara bersamaan (jangan ada jarak waktu yang jauh antara video dan suara supaya lebih mudah mengeditnya.
Nah itulah cara mudah untuk menghasilkan suara yang jernih saat motovlogging di jalan raya, saya sendiri sudah mencobanya dan bisa menghasilkan suara yang lumayan jernih. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini.



Untuk hasil videonya saat motovlog dengan kamera BPRO dan mic eksternal dipasang pada HP silakan tonton video di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Membuat Jernih Suara Motovlog dengan HP"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih