Harus tahu, apa itu HP Batam, Kenapa bisa Murah?

Advertisement
Advertisement
Masih banyak juga pertanyaan tentang Apa itu HP Batam? Terus kenapa HP batam bisa murah? dan Apakah HP Batam itu illegal? kali ini kita akan bahas itu.

Secara umum HP Batam yaitu HP yang dijual dari kota Batam tapi hp-nya berbeda dengan yang biasa dijual di konter di daerah anda, karena HP Batam itu rata-rata adalah HP second dari luar negeri. Awalnya di Batam hanya menjual HP second dari negara tetangga yaitu Singapura tapi semakin ke sini HP seken Batam yang dijual lebih beragam.

Harus tahu, apa itu HP Batam, Kenapa bisa Murah?

Bukan hanya dari Singapura tapi juga dari negara lain ya seperti Jepang bahkan Amerika Serika, terlihat dari logo-logo di HP nya yaitu Docomo dari Jepang juga Ferizon itu adalah operator dari Amerika. Nah Hp seperti itu biasa disebut HP Ex Inter, tapi ingat tidak semua HP Ex Inter lebih dari Batam, karena ada juga misalnya orang Indonesia bekerja di luar negeri dan membawa pulang HP, HP itu Ex internasional tapi bukan dari Batam.

Illegal, BM atau black market biasa disebut penyelundupan yaitu barang yang dijual secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari pembayaran pajak atau Bea Cukai. Nah untuk HP Batam menurut kami bukan termasuk barang ilegal karena Batam termasuk kawasan perdagangan bebas Indonesia yaitu sebuah kawasan perdagangan dan pelabuhan yang berada di dalam wilayah Indonesia yang diperlakukan kebijakan melalui penghapusan atas rezim bea dan cukai berikut halangan non tarif serta pajak pada perdagangan internasional.

Jadi hal inilah yang membuat HP Batam itu murah karena tidak adanya Bea Cukai dan juga pajak dan tentu HP Batam pun bukan termasuk barang ilegal selama barang tersebut hanya dijual dan juga dipakai di Kota Batam. Tapi berbeda lagi kalau HP Batam tadi langsung dijual ke kota lain tanpa melalui pajak, itu bisa disebut illegal. Misalnya anda liburan ke Batam terus ada beli HP di sana 10 unit dan dibawa pulang ke daerah anda itu bisa disebut penyelundupan atau ilegal, karena daerah Anda bukan termasuk kawasan perdagangan bebas Indonesia.

Tapi memang gak mungkin ya bisa membawa HP dari Batam 10 unit karena ketika di bandara atau pun di pelabuhan itu selalu dilakukan pengecekan. Setiap orang tidak diperbolehkan membawa hp lebih dari 5 unit 2 unit untuk dibawa dan 3 unit di dalam bagasi, karena jika lebih dari itu Anda bakal jadi tersangka penyelundupan dan akibatnya HP anda bisa disita dan tentu anda akan berurusan dengan pihak berwajib, jadi hati-hati ya kalau ingin mau bawa oleh-oleh HP dari Batam.

Setahu kami jika kita beli online dari seler yang berada di Bata, maka itu bukan termasuk ilegal karena saya pernah tanya kepada salah satu cabang Batam kenapa biaya retur itu dikenakan ongkir Rp 200.000 sedangkan ongkir dari sini saja hanya sekitar 30 ribu saja? jawabannya karena setiap HP yang dikirim keluar dari Batam itu semua sudah dikenakan pajak. 

Jadi Rp 200.000 itu sudah ongkir dan juga termasuk pajak Jadi apa yang kita beli sudah membayar pajak yang berarti HPnya itu bukan ilegal dan pajaknya itu adalah per unit, jadi misal kita beli 100 unit HP Batam pajak dan ongkirnya bisa mencapai 20 juta. untuk informasi saja, sebenarnya HP jika langsung beli di Batam sana harganya bakalan lebih murah sekitar 100 sampai Rp300.000 karena jika langsung beli di Batam di sana tidak dikenakan pajak atau pun ongkirnya.

Sumber: Youtube
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Harus tahu, apa itu HP Batam, Kenapa bisa Murah?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih