Apakah Kampas Rem NMax Cepat Habis?

Advertisement
Advertisement
Pada Hari lalu saya membawa motor NMax saya ke diler resmi untuk diservice, waktu itu cuma ganti oli gardan dan service ringan saja karena ganti olinya sudah duluan saat kilometer 12.000. Nah kebetulan waktu itu ada juga yang sedang service Nmaxnya.

Apakah Kampas Rem NMax Cepat Habis?

Namun sebelumnya saya lihat Ibu itu seperti menunjuk ke arah pada bagian tertentu pada NMaxnya saya pikir sedang bermasalah pada bagian yang ditunjukkan tersebut. NAh sampai diruang tunggu dan mumpung duduk dekat di ruang tunggu maka jadilah saya memulai percakapan tentang NMax.

Saya: Buk Nmaxnya bermasalah ya? kok tadi saya lihat ada nunjuk nunjuk ke bagian stang?
Ibu: Tidak ada masalah.
Saya: oh jadi cuma service berkala saja ya?
Ibu: Iya..
Saya: Sudah berapa kilometer itu buk?
Ibu: Udah lebih dari 17.000 km.
Saya: Sudah berapa kali ganti kampas rem buk?
Ibu: Sudah tiga kali kaykanya.
Saya: Oh gitu...

Mumpung motor saya sudah selesai di service akhirnya percakapan pun berakhir disana dan saya menuju kasir untuk membayar biaya service.

Dulu waktu service pada kilometer 8.000 saya juga sudah pernah ganti Kampas Rem belakang dan Ibu itu kilometer 17.000 lebih sudah tiga kali ganti kampas rem, apakah itu berarti Yamaha Nmax termasuk boros dengan kampas rem? jika iya, kira-kira apa penyebabnya Yamaha NMax boros dengan Kampas Rem?

Seperti yang pernah saya baca, sistem pengeremen yamaha Nmax menggunakan tehnologi sigle disk brake, dan bahan yang digunakan menggunakan bahan non asbes sesuai regulasi yang dikeluarkan pemerintah. Karena bahan asbes dianggap tidak ramah lingkungan karena partikel-partikel asbes yang terlepas di udara mengganggu pernapasan manusia di Jalan raya.

Dengan alasan tidak ramah lingkungan tersebut maka Pemerintah melarang menggunakan bahan asbes pada kampas rem. Atas dasar ini, kini pabrikan termasuk Yamaha memilih menggunakan rem organik. Biasanya bahan-bahan yang digunakan adalah kaca, karet serta resin. Bahan-bahan ini juga memiliki keunggulan dalam menahan panas tinggi saat rem bekerja. Dan juga memiliki debu yang ramah lingkungan.

Namun meski ramah lingkungan bahan tersebut sudah pasti memiliki kelemahan yakni karena bahan lebih lembut maka sudah dipastikan akan cepat habis. Nah oleh sebab itu kampas rem Yamaha NMax cepat habis.

Sebenarnya ada bahan yang lebih bagus dari bahan di atas yakni bahan kevlar. Bahan tersebut memiliki segala yang dibutuhkan untuk bantalan kampas rem yang kuat dan tahan lama namun memiliki harga yang cukup mahal.

Selain itu ada juga hal lain yang menyebabkan kampas rem belakang cepat habis. Hal ini terkait dengan pengguna NMax itu sendiri, kadang saat berkendara tangan atau jari tidak sadar nempel terus pada tuas rem maka tanpa sadar rem agak tertekan dan kampas rem menjadi termakan perlahan sehingga kampas rem cepat habis percuma.

Nah itulah sedikit cerita saat service Yamaha Nmax tentang Kampas Rem belakang Nmax cepat habis, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Apakah Kampas Rem NMax Cepat Habis?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih