Apa Itu Footage?

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa minggu terakhir saya suka membuat  video yang tidak jelas, dengan maksud belajar edit video dengan pengambilan video memakai kamera HP saja. Sebelum belajar edit video saya sempat membaca beberapa cara untuk bisa menghasilkan video dengan kamera HP dan editor video gratis.

Kebanyakan editing yang saya lakukan adalah masih sederhana dan hasilnya juga masih biasa, maklum masih pemula dan tidak ada basic tentang video editing maupun dunia broadcasting yang identik dengan dunia video editing.

Nah sejak beberapa hari ini saya juga sering mendengar istilah di dunia editing video yakni Footage. Dari katanya memang terdengar dalam bahasa Inggris yang artinya mungkin jauh menyimpang dari kata bahasa Inggrisnya. Kalau kita pilah Footage mungkin ada yang berfikir kalau kata tersebut tersusun atas dua kata yakni Foot = kaki dan Age = umur, yang artinya tentu tidak akan nyambung dengan editing video.

Nah apa sebenarnya pengertian dari footage ini? seperti yang pernah saya baca, footage itu merupakan video mentahan atau video yang masih belum diedit yang baru diambil dengan media kamera. Atau ada juga definisi kalau footage itu merupakan bagian dari video yang diambil yang tidak akan dipakai atau dibuang saat editing.

Apa Itu Footage dalam Duni Editing Video

Jadi footage itu menurut saya adalah bagian mentah video yang akan diedit untuk menghilangkan bagian yang tidak penting atau tidak ada dalam skenario. Dengan demikian hasil editing akan menjadi lebih baik sesuai dengan skenario dan sesuai durasi yang diinginkan.

Sebagai contoh video footage adalah, mungkin pernah melihat video behind the scene, dalam video itu biasanya terlihat beberapa adegan yang salah, nah adegan salah itu termasuk footage nanti akan dihilangkan dalam editing.

Nah bagaimana kalau ambil video di alam bebas sedang mengambil video monyet sedang memetik buah, apakah ada footage? tentu saja ada, mungkin untuk membuat durasi yang diinginkan maka ada beberap bagian video yang akan dibuang saat editing dan pastinya tidak akan mengurangi keserasian video dari awal sampai akhir.

Nah kira-kira apakah itu definisi dari footage, di internet saya cari juga masih banyak rancu apa itu footage, kebanyakan membuat definisi kalau footage itu merupakan video mentah yang baru diambil sebelum diediting. Bagi yang benar-benar tahu apa itu footage, silakan berikan definisinya pada kolom komentar, terimakasih.

Sebagai contoh footage kamu bisa lihat beberapa contohnya disini dan jika kamu jago maka kamu bisa jual video kamu disitu.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Apa Itu Footage?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih