Akun Media Sosial adalah Aset, Jagalah dengan Baik

Advertisement
Advertisement
"Bagi siapa saja yang berteman dengan akun Eta Terangkanlah, jika menerima pesan kalau Eta Minta pulsa atau transfer sejumlah uang, tolong diabaikan karena akun Eta sedang kena hack, sekali lagi tolong jangan percaya kalau Eta minta Pulsa atau Uang." Nah mungkin seperti itulah pengumuman yang dibuat oleh orang terdekat pemilik akun Facebook kepada teman-temannya.

Akun Media Sosial adalah Aset, Jagalah dengan Baik

Setidaknya pengumuman seperti itu bisa kita cegah sejak awal supaya tidak terjadi pada akun sosial media milik kita. Sejak kenal dengan sosial media seperti Facebook saya sudah sering melihat status model begitu karena akun Facebook temannya atau orang terdekatnya kena bajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin jika sampai terjadi seperti itu mungkin yang punya akun tidak menjaga akunnya dengan baik. Saya sendiri menganggap akun sosial media itu adalah aset yang sangat berharga karena banyak hal yang ada disana. Kalau di Indonesia mungkin hanya sebatas teman atau relasi dan lain-lain maka merekalah bagian dari aset yang kita punya.

Maka dari itu jika punya akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain alangkah baiknya dijaga dengan baik dengan membuat perlindungan terhadap akun tersebut mulai dari password untuk login atau masuk ke akun tersebut.

Akun yang sering kena bajak biasanya akun-akun sosial media yang terkenal seperti pejabat, artis atau orang yang memiliki pengaruh besar terhadap orang lain sehingga akun-akun seperti itu sangat rentan kena bajak kalau tidak dilindungi dengan baik.

Sebenarnya cara untuk mengamankan akun sosial media sangat mudah. Salah satunya adalah dengan membuat password atau kata kunci yang kuat yang susah ditebak. Selain itu jangan pernah memperlihatkan kontak atau alamat email untuk masuk ke sebuah akun sosial media. Selain itu sekarang juga sudah ada autentifikasi dua langkah ketika akan masuk ke akun sosial media seperti yang sudah tersedia pada Instagram.

Nah mungkin hanya itu tips singkat untuk melindungi akun sosial media yang merupakan aset yang patut dijaga. Alangkah baiknya mencegah daripada mengobati, sebab kalau akun sudah kena bajak maka akan susah untuk dikembalikan. Biasanya hacker sosial media itu sangat pintar dan jarang ada akun yang bisa kembali.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Akun Media Sosial adalah Aset, Jagalah dengan Baik"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih