Cara Menyalin Tulisan Dari Buku ke Ponsel Tanpa Harus Mengetik

Advertisement
Advertisement
Kali ini saya akan memberikan tips tentang cara menyalin tulisan yang ada pada buku ke media lain seperti microsoft word, notepad dan lain-lain tanpa harus mengetik dengan bantuan ponsel Android. Tips ini mungkin akan sangat berguna bagi mereka yang malas mengetik panjang lebar ketika harus menyalin tulisan dari buku ke MS Word.

Cara Menyalin Tulisan Dari Buku ke Ponsel Tanpa Harus Mengetik
Foto: tech.firstpost.com

Trik ini mungkin akan berguna bagi mereka yang sedang menyusun skripsi karena biasanya yang sedang menyusun skripsi harus mengutip dari buku yang ada dan harus sama persis kata dan titik komanya. Selain itu cara ini juga bisa untuk menyalin naskah lainnya untuk dijadikan ke dalam bentuk digital.

Jadi orang memang harus kreatif untuk mengatasi kekurangan yang ada, seperti tips kali ini kita akan menggunakan ponsel Android kita sebagai alat yang mungkin bisa meringankan pekerjaan sampai 100 kali lebih mudah. Bayangkan saja kalau harus mengetik secara manual buku yang tebal? Nah jika sudah kita scan pakai Android maka pekerjaan akan menjadi lebih cepat.

Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi, seperti apa dan bagaimana cara menyalin tulisan dari buku ke ponsel tanpa harus mengetik, silakan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Silakan buka aplikasi Google Translate (GT)  di Android kamu, jika belum punya silakan unduh dulu.
  2. Setelah aplikasi GT terbuka silakan piilih dulu jenis bahasanya, pilih Bahasa Indonesia jika kalimat pada buku memakai bahasa Indonesia. Jika memakai bahasa Inggris silakan pilih bahasa Inggris. Sesuaikan bahasa yang akan disalin.
  3. Setelah itu silakan pilih logo kamera, maka kamera yang seperti scaner akan tampil pada layar ponsel,
  4. Silakan arahkan kamera pada bagian buku / kertas yang akan di salin. Pastikan posisinya seimbang kiri, kanan, atas dan bawah (pastikan posisi teks sejajar)
  5. Setelah sejajar silakan tap logo kamera warna merah.
  6. Setelah itu  aplikasi akan bekerja seperti scaner dan membaca hasil foto tadi untuk mencari kata-kata yang ada pada foto tersebut.
  7. Silakan pilih semua untuk mengambil semua kalimat yang ada pada foto tersebut.
  8. Setelah itu silakan salin hasil salinan kalimat dari kertas yang sudah berbentuk kata-kata pada kolom pilihan bahasa pada aplikasi GT.
  9. Setelah itu silakan simpan pada media yang anda inginkan, misalnya Microsoft Word, Notepad, Blog dan lain-lain.
Nah itulah cara Menyalin Tulisan Dari Buku ke Ponsel Tanpa Harus Mengetik sangat mudah bukan, kita jadi hemat waktu untuk menyalin buku yang tebal ke bentuk lain seperti media digital yang membuat kita lebih praktis dalam menikmati membaca sesuatu hal yang kita suka. 

Mungkin dengan ponsel lain juga bisa asalkan ada aplikasi Google Translate, jadi tidak terpaku pada ponsel Android saja, bisa juga di iPhone, Windows Phone dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

Berikut ini tutorialnya dalam bentuk video, jika penjelasan di atas belum bisa dipahami, silakan tonton video di bawah ini.


Ada yang masih kurang jelas dengan penjelasan di atas, silakan tanyakan langsung pada kolom komentar atau via chat WhatsApp di bawah ini, silakan klik logo WA.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Menyalin Tulisan Dari Buku ke Ponsel Tanpa Harus Mengetik"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih