Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah File Kontak NBF ke Kontak VCF

Beberapa hari lalu Bapak saya membeli satu unit HP Android untuk mengganti HP Nokia 110 yang sudah jadul. Satu permintaan yang paling penting ketika migrasi dari Nokia ke Android adalah kontak yang sudah ada jangan sampai hilang karena pada ponsel Nokia itu sudah tersimpan hampir lebih dari 200 kontak.

Cara Mengubah File Kontak NBF ke Kontak VCF

Jadi untuk memindahkan kontak sebanyak itu satu persatu tentu tidak butuh waktu yang singkat, oleh sebab itu kita harus memindahkan dengan akal. Beberapa cara mau dicoba, salah satunya adalah dengan memakai bluetooth, namun Nokia 110 tidak bisa konek ke perangkat lain meski sudah memakai Bluetooth.

Nah jadilah saya sedikit pusing, kemudian saya pakai cara lain yakni dengan mencadangkan file Nokia 110 ke memori eksternal karena Nokian ini suport untuk Micro SD. Nah jadilah saya sedikit lega karena file kontak sudah bisa dicadangkan ke memori card, jadi saat pindah ke Android kita tinggal import kontak dari SD Card.

Untuk cara backup contacs dari HP Nokia 110, silakan baca caranya pada tulisan saya dengan judul Cara backup kontak Telepon Nokia 110 Jadul supaya bisa di ekspor ke Android.

Namun setelah itu masalah belum selesai, ternyata file cadangan kontak tidak bisa dibaca oleh Android. Setelah dicoba beberapa kali ternyata tetap tidak terbaca. Setelah itu saya buka isi di SD Card via laptop, ternyata file cadangan kontak formatnya NBF buka VCF, karena seperti yang kita tahu kalau file kontak untuk Andorid itu memakai ekstension VCF.

Nah setelah itu saya mencari cara untuk mengubah file NBF ke VCF, nah bagai mana cara untuk mengubah file kontak dengan format NBF ke VCF? Silakan simak caranya di bawah ini.

  1. Pertama silakan pindahkan file cadangan yang ada pada memori card yang ada file Kontak dengan format NBF ke Komputer.
  2. Silakan keluarkan isi dari File cadangan yang isinya adalah cadangan000.nbf /bisa juga dalam bahasa inggris tergantung HP nokia dulu pakai bahasa apa. Silakan taruh pada folder Deskop
  3. Setelah itu silakan klik pada pada file cadangan000.nbf, setelah itu silakan pilih Properties, kemudian ubah format file tersebut dari .NBF menjadi . ZIP
  4. Setelah itu silakan klik kanan file tersebut, silakan buka file tersebut dengan Window Explorer, setelah itu akan muncul nama file predefhidenfolder > Backup > WIP > 32 > Contacts, silakan copy folder Contacts tersebut dan taruh pada folder Deskop. Pada folder contacts itu file nomor telepon masih tercecer / satu-satu, jadi harus digabungkan dulu supaya menjadi satu.
  5. Setelah itu, silakan buka menu window, silakan cari run, kemudian ketik cmd, nanti akan muncul c:\users\admin>cd, setelah itu silakan copy alamat folder contacts itu dengan membuak properties, alamatnya akan menjadi  C:\Users\w8\Desktop. Setelah itu paste alamat folder itu di belakang c:\users\admin>cd alamatnya menjadi c:\users\admin>cd C:\Users\w8\Desktop\contacts kemudian enter.
  6. Setelah itu alamatnya menjadi C:\Users\w8\Desktop\contacts>  setelah itu tambahkan di belakangnya seperti ini copy *.vcf allcontacts.vcf, sehingga alamatnya menjadi C:\Users\w8\Desktop\contacts>copy *.vcf allcontacts.vcf kemudian enter.
  7. Nah setelah itu silakan cek folder contacts, lihat paling bawah maka disana sudah ada file vcf yang sudah tergabung menjadi satu.
  8. Silakan pindahkan atau kirim file tersebut ke Android yang akan menerima kontak itu.

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini, semoga bermanfaat.


Dengan cara di atas maka file kontak kita sudah bisa terbaca oleh Android. Untuk memindahkannya ke Android, cukup simpan file tersebut ke memori HP atau luar Android, setelah itu kita impor kontaknya dari memori yang dipilih tadi, maka kontak akan sama dengan yang ada pada nokia.

Nah itulah Cara Mengubah File Kontak NBF ke Kontak VCF yang biasa terjadi pada saat pindah kontak dari HP Nokia jadul ke Android, semoga bermanfaat.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah File Kontak NBF ke Kontak VCF"