Cara Supaya Foto & Video Tidak Tersimpan di HP Saat Memakai WhatsApp

Advertisement
Advertisement
Sejak beberapa minggu lalu saya gabung ke dalam beberapa grup WhatsApp (WA) yang anggotanya lumayan banyak sehingga grup selalu ramai karena ada saja anggota grup yang memulai topik pembicaraan baik yang ringan maupun yang berat.

Cara Hemat Kuota Internet Saat Memakai WhatsApp

Dari sekian banyak grup dan anggotanya ada saja orang yang suka unggah foto dan video ke dalam grup, sehingga mau tidak mau file foto dan video tersebut otomatis akan terunduh dan tersimpan di memori penyimpanan telelpon.

Seperti kita ketahui kalau foto yang diunggah dengan resolusi bagus akan memakan banyak paket data untuk menggunghahnya. Belum lagi video dengan durasi panjang dan juga kualitas bagus tentu akan lebih banyak memakan paket data kita dan data seperti terbuang percuma karena mungkin konten tersebut tidak kita inginkan atau tidak berguna bagi kita.

Sebenarnya semua itu bisa diakali, ketika ada anggota grup atau dalam percakapan pribadi ada yang mengirim foto atau video maka kita bisa menahannya dahulu sebelum kita putuskan untuk menyimpan foto atau video tersebut, sehingga kita bisa prioritaskan paket data kita untuk yang lebih penting.

Sebenarnya pihak WhatsApp sendiri sudah memberikan pilihan untuk itu, namun mungkin banyak yang belum tahu tentang cara pengaturan media yang ada di WA ini karena memang tempat pengaturannya tidak begitu terlihat dan tidak begitu jelas apa fungsinya bagi mereka yang jarang memperhatikan sampai sejauh itu.

Nah untuk itu, kali ini saya akan memberikan cara untuk menghemat paket data internet saat menggunakan WhatsApp, baik itu saat chat pribadi maupun di grup tanpa harus mengunduh media, nah seperti apa caranya silakan perhatikan langkah-langkah di bawah ini.
  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp kamu
  2. Silakan tap pojok kanan atas tanda titik tiga, silakan pilih menu Setelan
  3. Setelah itu silakan pilih menu Penggunaan Data.
  4. Setelah itu akan ada beberapa pilihan untuk menu Unduh Otomatis Media nah disana da  beberapa pilihan.
  5. Silakan atur menu Saat Menggunakan Data Seluler, disana ada beberapa pilihan, silakan hilangkan centang pada pilihan seperti foto, Audio, Video, Dokumen jika tidak ingin mengunduh atau menyimpan otomatis ketika memakai paket data. Dengan demikian kita akan bisa menghemat paket data kita. Media akan tersimpan jika kita menyimpannya secara manual dengan hanya tap foto atau video yang ada pada percakapan.
  6. Silakan atur menu Saat Tersambung ke WiFi, disana ada beberapa pilihan, silakan centang pada pilihan seperti foto, Audio, Video, Dokumen jika ponsel kita tersambung WIFI maka semua media yang dipilih akan otomatis tersimpan pada perangkat kita. Dengan demikian kita akan bisa menghemat paket data kita jika sudah memakai WiFi.
  7. Untuk pilihan yang lain silakan lakukan hal yang sama, seperti Saat Roaming, silakan hilangkan centang jika tidak ingin menyimpan media saat dalam kondisi Roaming.
  8. Untuk setelan Panggilan disana juga tertulis, Gunakan data minimum, kurangi jumlah data yang digunakan dalam panggilan WhatsApp, silakan centang kotanya. Jika sudah maka mungkin akan mempengaruhi kualitas suara ketika melakukan panggilan dengan WA.
  9. Namun ada yang tidak bisa diatur, yakni pesan suara yang dikirim akan selalu diunduh otomatis untuk alasan kualitas komunikasi terbaik.
Nah itulah cara untuk menghemat penggunaan paket data internet ketika memakai aplikasi WhatsApp baik untuk obrolan pribadi maupun obrolan di grup. Dengan pengaturan unduhan media ini maka kita bisa menghemat paket data kita karena kita bisa memutuskan sendiri media mana saja yang ingin kita simpan pada perangkat kita. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Supaya Foto & Video Tidak Tersimpan di HP Saat Memakai WhatsApp"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih