Pengaturan Layar Laptop Supaya Menyala Lebih Lama

Advertisement
Advertisement
Bagian layar / monitor merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah Laptop atau Komputer untuk kita bisa melihat apa yang ada di dalam komputer dan juga sebagai visual atas apa yang kita kerjakan di laptop tersebut.

Pengaturan Layar Laptop Supaya Menyala Lebih Lama

Pada bagian layar tersebut kita bisa mengaturnya supaya sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya tingkat kecerahan supaya tidak membuat mata silau atau bisa juga lamanya menyala monitor ketika kita tinggalkan sejenak tanpa harus mematikan komputer.

Sejak beberapa hari lalu saya harus melihat layar monitor dan membaca file yang dibuka untuk disimpan dalam bentuk suara jadi layar laptop harus menyala terus menerus supaya layar atau bacaan tidak hilang. Nah oleh sebab itu kita bisa setting seberapa lama layar monitor kita terus menyala.

Jika layar sudah terus menyala maka kita bisa fokus pada bacaan saja dan tidak takut layar akan berhenti menyala ketika dalam beberapa waktu tidak ada aktivitas yang dilakukan terhadap komputer atau laptop tersebut.

Kadang hal yang mudah seperti ini kita tidak tahu karena jarang melakukan setting seperti ini, nah jika sudah begitu maka kita kadang mencari tahu caranya dengan browsing di internet dan saya yakin ada banyak tutorial yang seperti ini.

Cara setting layar monitor ini sangat mudah, saat ini saya pakai windows 8, mungkin akan sama cara setting pada windows 7 atau bahkan windows 10. Baiklah untuk menyetel layar laptop seperti biasa kita buka dulu Control Panel >> Hardware and Sound >> Power Options >> Change When Computer Sleeps. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Ini merupakan bagian untuk mengatur lamanya monitor standbay jika tidak ada aktivitas dalam jangka waktu tertentu

Pengaturan Layar Laptop Supaya Menyala Lebih Lama


Turn of the display artinya bahwa kapan saat layar mati. Disini kita memiliki dua pilihan yakni saat on battery (saat menggunakan baterai) dan plugged in ( saat di isi daya). Kita atur berapa lama layar akan mati dan tetap menyala pada bagian ini. Kamu bisa ubah sesuai kebutuhan. Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas. Lama waktu untuk layar mati adalah 2 menit on battery dan 20 menit plugged in. Jadi untuk layar menyala lebih lama silakan ganti di sana sesuai keinginan, misalnya on battery jadi 20 Minutes dan pluged in jadi 30 Minutes. Setelah selesai mengganti waktunya jangan lupa klik Save Changes supaya setelan tersimpan.

On battery : Posisi laptop saat sedang dalam kondisi hanya menggunakan baterai laptop saja. Artinya sedang tidak dalam kondisi di isi daya. Sehingga setting khusus saat baterai laptop dipakai atau dipasang dan tidak sedang di isi daya.

Plugged in : Kondisi laptop saat dalam keadaan diisi daya. Jadi intinya keadaan saat laptop di sambungkan ke pengisi daya. Baik saat itu ada baterai maupun tidak. Jadi setting yang berjalan pada saat laptop diisi dengan daya.

Nah itulah cara mudah mengatur layar untuk terus menyala sesuai dengan durasi yang kita pilih untuk layar tidak mati saat kita tinggal. Semoga bermanfaat.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengaturan Layar Laptop Supaya Menyala Lebih Lama"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih