Jangan Menyalip Jika dalam Kondisi Seperti ini

Advertisement
Advertisement
Berkendara mungkin sudah menjadi aktivitas yang secara rutin dilakukan setiap hari untuk pergi ke kantor, ke sekolah ke pasar dan lain-lain. Dengan naik kendaraan sendiri maka tujuan yang dicari akan tercapai dengan cepat.


Namun saat berkendara ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain harus memiliki SIM, memakai kelengkapan seperti helm dan lain-lain. Ada juga satu hal yang perlu dipahami tentang teknik dan bahaya saat menyalip.

Kecelakaan paling sering terjadi ketika dalam situasi sedang menyalip. Jadi apa saja yang harus diperhatikan ketika akan menyalip kendaraan lain? Oleh sebab itu kita perlu tahu tentang bahaya menyalip, pahami cara menyalip yang aman dan benar dan juga saat menyalip kendaraan besar.

Nah menyalip bisa menimbulkan kecelakaan jika waktunya tidak tepat dan caranya juga salah, jika sudah kecelakaan maka bisa terjadi cedera ringan, cacat permanen, masuk penjara dan bahkan kematian. Bayangkan jika itu terjadi, bayangkan dengan keluarga yang sudah menunggu dirumah.

Pada umumnya orang menyalip dengan alasan terburu-buru, ingin segera sampai ditempat tujuan tanpa mempertimbangkan resikonya dan tidak mengetahui teknik menyalip dengan benar serta aman. Bayangkan saja bahaya menyalip jika tidak benar bisa menimbulkan penderitaan seumur hidup.

Oleh sebab itu sebelum menyalip dan ketika ada peluang maka kita perlu berpikir PAS, apakah benar-benar Perlu, Aman dan Sesuai peraturan. Jangan pernah ambil tindakan menyalip jika jawaban salah satunya adalah tidak.

Selain itu hindari juga menyalip pada kondisi-kondisi berikut. Misalnya saat ragu-ragu, di tikungan, di jalan yang menanjak, di jalan raya dengan marka jalan yang tidak terputus / garis  dobel, di area penyeberangan jalan atau di depan sekolah dan juga  di jembatan yang sempit.

Semua kondisi di atas sangat tidak aman untuk menyalip dan juga tidak sesuai aturan. Jadi jangan ambil tindakan menyalip pada kondisi tersebut, ingat harus selalu PAS, perlu, Aman dan Sesuai dengan peraturan. Berkendaralah dengan benar dan aman agar dapat pulang dengan selamat setiap hari.

Untuk lebih jelasnya silakan tonton video di bawah ini.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Jangan Menyalip Jika dalam Kondisi Seperti ini"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih