HP Tidak Mau Hidup Setelah Kehabisan Baterai?

Advertisement
Advertisement
Sejak tanggal 15 Juni 2017 lalu saya disibukkan dengan kegiatan rekam merekam sebuah kegiatan Ngaben dengan kamera HP Opp0 A37f saya. Kegiatan itu saya rekam dengan tujuan untuk sebagai dokumen pribadi saat acara Ngaben Masal dadia Pasek Gelgel dan Dalem Tarukan Banjar Tengah Desa Tamblang.

HP Tidak Mau Hidup Setelah Kehabisan Baterai?

Saya memilih memakai HP karena hasilnya lebih baik dari kamera action yang saya punya yakni B-Pro 5 AE Mark II, meskipun lebih praktis memakai kamera action namun masih banyak kekurangannya.

Singkat cerita ada beberapa momen yang sudah saya rekam yakni saat Medeeng pada tanggal 15 Juni 2017  dan saat Metatah pada tanggal 17 Juni 2017 dan saat ini semua file video sudah terkumpul dan tinggal di edit saja untuk menggabungkan semua video dan jika sudah selesai diedit akan diunggah di channel Youtube saya.

Namun saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya memakai OPPO A37F untuk merekam semua kegiatan tersebut. Saat tanggal 17 Juni 2017 hampir dari pagi saya memakai HP sampai sore sekitar pukul 15.00 Wita. Sejak awal baterai HP memang tidak full mungkin sekitar 90%.

Singkat cerita setelah sekian banyak merekam dan pastinya banyak memakan baterai dan sudah ada notifikasi bahwa HP harus segera diberi daya supaya tidak mati. Namun karena tidak membawa power bank dan tidak ada tempat ngecas maka HP dibiarkan dengan daya yang sangat minim dan akhirnya harus mati karena sudah kehabisan daya.

Setelah itu saya biarkan HP mati sampai saya pulang dari tempat upacara Ngaben. Setelah lebih dari sejam mati, akhirnya HP baru saya isi daya dan itupun lewat charger yang ada di motor karena saat itu juga saya harus balik dari kampung menuju Denpasar. Saat saya colokkan memang ada tanda-tanda daya sudah masuk ke HP.

Setelah itu saya pun berangkat ke Denpasar bersama istri dan HP masih terus di isi daya, setelah diisi daya sekitar 30 menit maka saya mencoba menghidupkan HP dengan menekan tombol power, namun HP tidak mau menyala. Saya pikir mungkin belum banyak terisi daya oleh sebab itu belum mau menyala.

Setelah itu masih dalam perjalan saya coba menghidupkan lagi, ternyata masih tidak mau menyala. Karena merasa capek dan pantat terasa panas maka saya berhenti untuk berdiri sejenak supaya panas dipantat ini bisa berkurang. Saat itu juga saya mencoba hidupkan HP OPPO A37F saya, namun masih tidak mau menyala. Saya coba beberapa kali cabut chargernya dan masukkan lagi ternyata tidak ada tanda-tanda kehidupan, saya pikir mungkin chargernya bermasalah sehingga daya tidak bisa masuk ke HP. Meskipun demikian charger masih dicolokan ke HP.

Setelah itu lanjutkan lagi perjalanan, setelah 30 menit dari tempat berhenti maka saya singgah untuk mengisi BBM motor saya dan sekaligus nyari toilet karena istri ingin pipis. Setelah sampai di SPBU Payangan isi BBM dulu dengan pertamax dan istri ke toilet. Saya juga ikut ke toliet karena pingin pipis juga. Setelah itu saya coba cek HP lagi dan ternyata masih tidak bisa menyala, wah saya pikir ini mungkin HPnya rusak. Jadi saya masukkan ke kantong saja dan setelah sampai di Denpasar di cek lagi,

Singkat cerita akhirnya saya melanjutkan perjalanan dan sampai di Denpasar sekitar pukul 19.00 Wita. Setelah itu langsung bereskan barang bawaan dan makan dulu sebentar. Setelah itu baru ke kamar dan ganti baju.

Saking penasaran saya pun mencoba browsing memakai HP istri untuk mencari solusi atas masalah HP mati dan tidak mau menyala setelah kehabisan baterai seperti yang saya alami dengan OPPO A37f saya. Setelah browsing akhirnya saya menemukan beberapa solusi, namun sebelum itu kita perlu tahu apa penyebab HP tidak mau hidup dan itu disebabkan oleh Baterai pastinya. Namun ada dua jenis baterai yang saat ini dipakai pada smartphone.

Saat ini ada 2 jenis baterai yang digunakan oleh smartphone pada umumnya, yakni Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymer) yang mana keduanya punya keunggulan masing-masing. Biasanya, masalah smartphone yang tidak bisa di isi ulang setelah mati kehabisan baterai biasanya terjadi pada perangkat yang menggunakan baterai berjenis Li-Po (kadang disebut juga sebagai Li Ion Polymer).

Sebenarnya, baterai Li-Po ini merupakan teknologi baterai yang lebih mutakhir dibandingkan Li-Ion biasa. Dari sisi masa pakai, ia bisa jauh lebih awet dan tidak akan mengalami masalah yang berarti jika di charge secara tidak beraturan, meskipun tetap saja hal itu tidaklah disarankan karena dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

Nah bagaimana solusinya ketika HP tidak mau menyala setelah kehabisan baterai meskipun sudah dicharge berjam-jam? dan bahkan ada kabar kalau baterai harus di charge 2 hari baru bisa nyala? (kelamaan). Saat ini ada dua model baterai yang ada pada Smartphone, ada baterai yang bisa dilepas dan ada juga tidak bisa dilepas seperti pada OPPO A37f ini. Dengan demikian tentu untuk mengatasinya juga berbeda-beda.

Untuk HP yang baterainya bisa dilepas mungkin bisa memakai cara mungkin kamu bisa menggunakan desktop charger (sebagian menyebutnya sebagai charger kodok) untuk membantu pengisian baterai. Jadi agak mudah mengisi dayanya.

Nah bagaimana kalau baterai HP tidak bisa dilepas seperti OPPO A37f ini, apa yang harus dilakukan? nah jika kamu mengalami masalah yang sama maka kamu tidak perlu panik, ternyata cara untuk mengatasi HP mati setelah kehabisan baterai ini sangat mudah, silakan ikuti cara di bawah ini.
  1. Jika HP tidak mau menyala setelah di isi daya beberapa jam, coba cabut dulu kabel charger dari HP kamu. lalu, tekan dan tahan tombol power selama 1 menit. Setelah itu silakan coba HPnya di isi daya lagi.
  2. Masih belum ada tanda kehidupan? Biarkan dalam keadaan di isi daya selama 30 menit, lalu coba tekan dan tahan lagi tombol power nya (dalam keadaan masih charging), lalu biarkan charging selama 15 menit.
  3. Masih belum mau nyala juga? Cabut kembali chargernya, dan coba lagi seperti langkah pertama.
  4. Kalau cara 1.2 dan 3 tidak berhasil dan masih belum mau menyala, silakan coba untuk membuka atau mengeluarkan microSD yang digunakan pada HP tersebut, lalu coba hidupkan kembali HPnya. Karena bisa jadi microSD nya yang ternyata bermasalah.
Saya sendiri sudah mencoba langkah 1.2 dan 3 namun tidak berhasil, nah setelah mencoba trik yang nomor 4 akhirnya HP mau menyala dan perasaan menjadi lega. Saya pikir microSDnya kepenuhan makanya HP tidak mau nyala, apa ada kaitannya HP tidak mau menyala dengan memori yang sudah penuh dengan file besar seperti video? saya tidak tahu!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghidupkan HP kamu ketika tidak menyala setelah kehabisan baterai, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "HP Tidak Mau Hidup Setelah Kehabisan Baterai?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih