Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer

Advertisement
Advertisement
Beberapa waktu lalu saya ada kegiatan Ngaben dan Metatah masal di kampung yang dilaksanakan oleh Dadia Pasek Gelgel dan Dalem Tarukan (PGDT). Saat itu saya banyak merekam kegiatan tersebut dengan HP OPPO A37f saya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer

Setelah selesai melakukan pengambilan video secara amatir dengan kamera HP maka saya bermaksud memindahkan semua video yang ada di HP saat upacara Ngaben dan Metatah ke laptop saya. Saya lakukan seperti biasa yakni dengan menyambungkan HP ke Laptop.

Seperti biasa saya buatkan folder baru untuk setiap video yang berbeda untuk video Medeeng satu folder dan video Metatah satu folder di dalam folder Ngaben. Namun apa yang terjadi saya yakni saya sudah merubah nama folder baru dari New Folder ke a a Ngaben, namun kenyataannya besoknya saya cek foldernya tidak ada.

Setelah itu saya coba cari folder Ngaben ternyata tidak ada dan saya pun mulai panik takut semua video yang saya rekam hilang tanpa jejak. Setelah berfikir akhirnya mencoba mencari-cari lagi dan ternyata nama folder belum berubah masih tetap New Folder dan videonya pun masih utuh. Namun folder untuk video medeeng tidak ada, mulai panik lagi.

Setelah dicari ke sana kemari di dalam folder ternyata tidak ada, begitu juga mencoba mencari dengan nama file video seperti ini 20170617 (video yang direkam tanggal 17 juni 2017) ternyata tidak ada juga, nah mulai panik dan tak habis pikir apa penyebab hilangnya video tersebut, perasaan tidak ada hapus-hapus video tersebut kok bisa hilang.

Nah dengan rasa gundah gulana saya mencoba mencari-cari cara untuk mengembalikan video yang hilang itu karena sudah tidak ada backupnya. Saat dipindahkan dari HP bukannya di copy tapi di cut oleh sebab itu video di dalam HP sudah hilang. Dengan googling di chrome dengan kata kunci Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer, akhirnya saya menemukan caranya.

Berikut adalah cara mengembalikan file di komputer yang tidak sengaja terhapus.

Pertama silakan cek dulu recycle bin, siapa tahu masih berada di sana, karena file yang terhapus biasanya tersimpan dulu di folder recycle bin, jika masih disana maka silakan restore filenya dan akan kembali ke lokasi folder semula dengan segala isinya.

Atau bisa juga dengan cara menggunakan klik kanan pada lokasi file tersimpan dan kemudian cari menu "Restore previous versions". Dengan begitu, kamu dapat membawa kembali isi folder tersebut dari tanggal sebelum file itu terhapus seperti sedia kala.

Nah bagaimana kalau kedua cara diatas tidak bisa membantu karena file yang di recycle bin tidak ada dan tidak ada pilihan menu Restore previous versions ketika klik kanan pada folder awal penyimpanan file yang hilang? Nah berikut kita akan lakukan dengan bantuan aplikasi.

Cara mengembalikan file di komputer yang tidak sengaja terhapus bisa dilakukan dengan aplikasi PC Inspector File Recovery, jika belum punya aplikasinya silakan unduh dulu di filehippo.com cari dengan kata kunci itu kemudian install pada komputer/laptop tempat file yang hilang.

Setelah selesai instal, silakan buka aplikasi PC Inspector File Recovery dengan klik kanan, silakan pilih run as Administrator. Jika tidak begitu maka aplikasi tidak bisa membaca drive yang ada pada komputer. 

Silakan buat dulu folder baru di drive D untuk menyimpan file yang akan di restore supaya lokasinya tidak tercecer. Setelah dijalankan maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Setelah itu silakan pilih menu Recover deleted files, klik pada lingkaran merah, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Setelah berhasil membaca beberapa drive yang ada pada komputer maka akan muncul pilihannya, silakan pilih drive tempat kamu menyimpan data / file yang hilang tadi, jika sudah, silakan klik tanda rumput. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Silakan pilih folder tempat kamu menyimpan file yang hilang tadi, seperti contoh ini, saya mencari folder yang ada dalam folder a a ngaben, nah saya akan klik new folder tersebut dan akan muncul isi filenya yang di kanan. Jika filenya banyak dan semua ingin disimpan, silakan pilih dulu semua filenya, kemudian klik kanan dan pilih save to. Silakan pilih folder yang sudah dibuat sebelumnya untuk menyimpan file yang akan di restore tersebut. Setelah itu silakan klik tanda rumput seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah itu akan muncul proses pengembalian file seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Silakan tunggu sampai proses restorenya selesai. Jika sudah selesai silakan lihat foldernya apakah filenya sudah ada atau belum. Jika berhasil maka file akan berada disana. Namun sedikit catatan, meski file bisa dikembalikan namun kadang ada file yang rusak dan tidak bisa dibuka. Seperti file video yang saya kembalikan mungkin hanya 90 % yang masih utuh dan sisanya hilang karena rusak dan tidak bisa di buka.

Nah itulah sedikit tips dari saya tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer dengan bantuan aplikasi PC Inspector File Recovery, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Komputer"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih