Beberapa rumus Excel yang Sering Saya Pakai

Advertisement
Advertisement
Dalam kegiatan dunia kerja yang mengharuskan bekerja dengan program Microsoft Excel tentu harus mengetahui beberapa formula yang ada dalam Microsoft Excel tersebut supaya memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan.

Beberapa rumus Excel yang Sering Saya Pakai

Formula yang dipakai pun bermacam-macam tergantung jenis pekerjaan yang dikerjakan dengan MS Office ini. Formula yang paling lumrah mungkin formula Sum, Average dan lain-lain yang tidak perlu berfikir keras untuk menggunakan formula tersebut.

Selain itu ada juga yang bekerja dengan formula Vlookup atau Hlookup tergantung jenis table yang digunakan untuk mencari data sumber yang akan muncul ketika mengetikkan sebuah kode pada sebuah kolom.

Saya sendiri juga sering dan bahkan setiap hari bekerja dengan MS Office Excel ini, nah berikut adalah beberapa formula yang sering saya pakai dalam mengerjakan pekerjaan saya dengan Excel.

  1. Concatenate merupakan formula untuk menggabungkan isi dari beberapa kolom. Misalnya ada pada kolom A berisi kata "saya" pada kolom B berisi kata "cinta" pada kolom C berisi kata "kamu". Untuk menjadikan ketiganya menjadi "saya cinta kamu" dalam satu kolom cukup memakai rumus ini =concatenate(a1," ",b1," ",c1) untuk mengisi spasi adalah dengan menambah kode "spasi" (" ").
  2. Kadang dalam penggabungan teks itu ada yang keliru maka harus dipisahkan lagi beberapa suku katanya. Cara memisahkan kata dalam sebuah kolom memakai menu Text to Columns yang ada pada menu Data. Cara ini sangat memudahkan kita untuk memisahkan kata-kata yang ada dalam satu kolom.
  3. Selain itu kadang saya suka mengkopi data dari internet ke Excel dan semua hurufnya adalah huruf kapital atau huruf kecil. Untuk mengubahnya sangat mudah dari huruf kecil ke besar pakai formula Upper. Dari huruf besar ke kecil pakai formula Lower sedangkan untuk kata supaya huruf depannya huruf besar dan diikuti dengan huruf kecil silakan pakai formula Proper
Nah itulah beberapa rumus Excel yang sering saya pakai, mungkin ada yang sudah tahu formula tersebut atau mungkin baru tahu? Sebenarnya masih banyak formula yang ada pada MS Excel ini, namun rumus yang jarang dipakai percuma juga dipelajari, nanti kalau sudah ketemu kasus baru belajar sambil praktek,  semoga bermanfaat
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Beberapa rumus Excel yang Sering Saya Pakai"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih