Tips untuk atasi serangan Malware Ransomware Wannacrypt

Advertisement
Advertisement
Sejak dua hari lalu dunia maya dihebohkan dengan adanya serangan virus secara besar-besaran oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Serangan tersebut menyerang sistem komputer dengan sistem operasi windows. Virus yang menyerang bagian penyimpanan yang diberi nama Malware Ransomware Wannacrypt.

Tips untuk atasi serangan Malware Ransomware Wannacrypt

Di Eropa sana virus ini sudah menyerang beberapa instansi yang membuat mereka benar-benar kehilangan data yang tersimpan pada komputer mereka. Virus ini menyerang lewat jaringan LAN dan juga nirkabel. Jika satu komputer sudah terserang virus ini dalam satu LAN maka kemungkinan besar komputer lain yang ada pada jaringan tersebut juga akan ikut terkena virus ini.

Virus ini disebarkan secara masif pada akhir pekan lalu tepatnya sejak hari Jumat, 12 Mei 2017 sampai sekarang, jadi komputer yang masih hidup dalam waktu tersebut kemungkinan bisa kena virus Ransomware WannaCry ini. Namun jika komputer sudah mati sejak hari itu maka kemungkinan kena virus ini masih kecil.

Nah oleh sebab itu untuk menghindari komputer dalam satu LAN terjangkit atau terserang oleh virus ini, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Intinya jangan panik dan coba lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mencegah virus ini masuk ke komputer yang saya kutip dari akun twitter @kemkominfo.

Tips untuk atasi serangan Malware Ransomware Wannacrypt


  1. Sebelum hidupkan komputer/server, terlebih dahulu matikan hotpsot/wifi dan cabut koneksi LAN/internet.
  2. Setelah itu segera pindahkan data ke sistem non WIndows (Linux,MAc) atau lakukan backup (Copy) data-data ke media lain.
  3. Pastikan semua terbackup ke media storage terpisah.
  4. Setelah itu baru dapat diaktifkan koneksi wifi, LAN/Internet.
  5. Lakukan update antivirus.
  6. Lakukan Update secutity pada windows anda dengan instal Patch MS17-010 yang dikeularkan oleh Microsoft lihat di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  7. Jangan mengaktifkan fungsi macros.
  8. Nonaktifkan fungsi SMB v1
  9. Block 139/445 & 3389 Ports
Nah itulah beberapa tips untuk mencegah virus Ransomware Wannacrypt ini masuk ke dalam sistem kamputer kamu, semoga bermanfaat.

Terbaru dari Kemkominfo:

Tips untuk atasi serangan Malware Ransomware Wannacrypt



Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tips untuk atasi serangan Malware Ransomware Wannacrypt"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih