Rainan Tumpek Krulut inilah Maknanya

Advertisement
Advertisement
Seperti dikethaui kalau hari Tumpek itu pasti jatuhnya setiap hari Sabtu. Seperti hari ini yang merupakan hari sabtu dimana pada hari ini merupakan hari Tumpek Krulut. Tumpek Krulutt ini merupakan otonan Gamelan yang artinya memuja Dewa Iswara. Tujuannya adalah untuk berucap syukur atas terciptanya suara-suara suci yang indah / tabuh.

Rainan Tumpek Krulut inilah Maknanya

Seperti yang dikutip dari akun IG Beritabali.com Sabtu, 20 Mei 2017, Tumpek Krulut atau dikenal juga dengan "Tumpek Lulut". Kata Lulut dalam bahasa Bali berarti jalinan atau rangkaian. Hari Tumpek Krulut jatuh pada hari Sabtu, Kliwon, wuku Krulut atau setiap enam bulan sekali (210 hari) sekali.

Dalam masyarakat Bali, tetabuhan sangat identik dengan alat musik tradisional yakni Gong, bukan dengan istilah gamelan, oleh karena itu pada hari ini juga sering disebut dengan Odalan Gong. Tujuan dari Odalan Gong ini adalah agar perangkat suara untuk kelengkapan upacara tersebut memiliki suara yang indah dan taksu.

Nah itulah makna singkat dari Tumpek Krulut bagi umat Hindu Bali, jadi tumpek kali ini khusus untuk membuatkan banten alat-alat musik tradisonal Bali seperti Gong. Nah pertanyaanya apakah alat musik modern seperti Gitar, Piano dan lain-lain juga termasuk benda-benda yang bisa dibuatkan banten Tumpek Krulut?

Seiring perkembangan jaman banyak adanya alat musik, bukan hanya Gong saja melainkan muncul juga alat musik modern yang dimainkan tidak pada saat atau sebagai pengirin upacara agama. Namun lebih mengarah pada suatu seni modern yang mebuat para pemainnya bisa mengahsilkan musik modern yang bisa dikomersialkan.

Orang yang bekerja didunia seni musik dan bisa menciptakan musik atau lagu biasanya disebut dengan musisi. Nah dengan adanya profesi tersebut sudah pasti mereka memiliki penghasilan dari alat musik tersebut. Jadi wajarlah jika alat musik tersebut dibuatkan banten Tumpek Krulut sebaia bentuk ucapan sykur atas adanya alat musik tersebut yang bisa menghasilkan sebuah karya seni.

Jadi supaya dipahami bagi warga krama Hindu di Bali, dalam perayaan Tumpek Krulut itu bukan menyembah perangkat kesenian atau alat musik. Namun, mendoakannya agar bermanfaat dalam kehidupan, baik untuk pemilik juga penikmatnya. Seperti halnya, seorang pragina (seniman) akan memohon energi pada hari itu.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Rainan Tumpek Krulut inilah Maknanya"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih