Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar Part II

Advertisement
Advertisement
Sebagai warga negara yang baik maka sudah sepantasnya kita membayar pajak. Salah satu pajak tahunan yang harus di bayar adalah pajak kendaraan bermotor baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.


Saat ini wajib pajak sudah diberikan kemudahan untuk membayar pajak yakni dengan adanya sistem pembayaran online maka akan sangat memudahkan bagi wajib pajak yang dari luar kota untuk melakukan kewajibannya membayar pajak kendaraan terutama pajak tahunan.

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar Part II

Saya sendiri yang dari Buleleng dan plat nomor polisi juga terdaftar di Buleleng, dengan adanya samsat online maka saya tidak perlu pulang kampung hanya untuk membayar pajak tahunan kendaraan saya. Apa lagi saat ini ada gerai Samsat yang buka 7 hari kerja dari Senin sampai Minggu.

Namun kali ini saya memilih untuk membayar pajak kendaraan saya di kantor Samsat bersama yang ada di Jl. Cok Agung Tresna atau dekat jalan Tantular No. 1, Panjer, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80234. Saya memilih tempat ini karena satu arah dengan jalur tempat kerja.

Kali ini saya membayar pajak milik istri saya dan juga atas nama istri saya. Saya memilih untuk datang pagi-pagi sekitar pukul 07.45 Wita saya sudah ada di lokasi. Bagi yang bawa sepeda motor silakan parkir di dalam, pagi-pagi masih sepi dan parkiran masih ada yang kosong.

Sebenarnya saya sudah tahu apa saja yang harus di bawa ketika akan membayar pajak kendaraan di kantor Samsat Renon, berikut adalah beberapa dokumen yang harus di bawa.
  1. Siapkan satu map warna bebas.
  2. Siapkan 1 lembar Fotokopi STNK + Aslinya (keluarkan dari plastiknya)
  3. Siapkan 1 lembar Fotokopi BPKB
  4. Siapkan 1 lembar fotokopi KTP
  5. Masukkan semua dokumen tersebut ke dalam map.
Dari awal saya mencoba menyiapkan semua dokumen dari kantor tempat kerja, seperti map dan fotocopy dokumen yang disebutkan di atas. Namun karena mesin fotocopy tintanya habis, maka saya harus memfotocopy di tempat samsat. Saat akan memfotocopy silakan antrekan BPKB, STNK dan KTP di meja. Setelah itu tukang fotocopy akan mengambil untuk di fotocopy.

Setelah itu masih di tempat fotocopy BPKB dan KTP yang asli akan dikembalikan kepada yang punya sedangkan STNK akan ditaruh pada map berserta copian dokumen tadi. Setelah selesai dimasukkan ke map maka nama pemilik akan dipanggil oleh petugas fotocopy dan harus membayar Rp 5.000 untuk biaya fotocopy dan map.

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Silakan simak persyaratan yang lebih lengkap digambar ini
Setelah semua dokumen siap (yang dalam Map) dan kamu sudah membawa uang tunai untuk membayar pajak maka silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Silakan masuk ke ruangan Samsat bawa map yang isinya sudah lengkap, baru masuk di kanan ada bagian informasi, silakan taruh map disana. Jika ada dokumen yang kurang lengkap maka akan dipanggil oleh petugas. Jika map isinya sudah lengkap maka tinggal duduk manis saja untuk di panggil oleh bagian pendaftaran. Saat disini kita juga sudah mendapatkan nomor antrean yang sudah dibuatkan oleh petugas informasi tersebut. Setelah selesai diperiksa kelengkapan data, maka bagian informasi akan membawa semua dokumen dan nomor antrean ke bagian pendaftaran. Jadi kita tinggal duduk santai sambil menunggu nama dipanggil sesuai dengan KTP/ STNK.
  2. Setelah dipanggil oleh petugas pendaftaran, map dan nomor antrian dikembalikan kepada pemohon, disini map hanya distempel dan disahkan. Setelah itu kita disuruh untuk ke bagian progresif yang letaknya di belakang (sudah ada petunjuk di tembok dengan tulisan Progresif). Silakan ambil nomor antrian biasanya untuk samsat tahunan di awali dengan huruf A (lihat contoh diatas) yang ada di dalam map sebelum mapnya diserahkan ke Bagian Progresif.
  3. Setelah itu silakan taruh Map pada meja dengan terbalik, nanti akan dipanggil oleh petugas progresif sesuai nomor antrian, disana kita akan diperlihatkan daftar sepeda motor yang sesuai dengan KTP dan juga ditanya apakah kendaraan tersebut masih milik anda atau sudah dijual. akan ada dua pilihan jika masih milik sendiri diakui sebagai milik sendiri, namun jika sudah dijual namun belum balik nama oleh pemilik baru, maka silakan bisa diblok untuk menghindari pajak progresif. Untuk tarif progresif tidak perlu saya jelaskan lagi.
  4. Setelah selesai mendata jumlah kendaraan maka akan diberikan selembar kertas yang berisi daftar kendaraan dan juga harus ditandatangan oleh pemohon.
  5. Setelah selesai diprogresif, kembali ke ruangan awal, disana kita antre lagi untuk membayar pajak. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil oleh petugas. Saat membayar pajak disini kita diberikan dokumen lagi bukti pembayaran.
  6. Setelah selesai membayar maka tahap terakhir adalah pengesahan dan penyerahan STNK. Silakan tunggu atau antre lagi, nanti akan dipanggil sesuai dengan nomor antrean. Silakan serahkan nomor antrean dan dokumen yang didapat saat membayar untuk mengambil STNK.
  7. Selesai silakan cocokkan STNK jangan sampai tertukar silakan simpan dengan baik STNK sampai tahun depan untuk dikeluarkan lagi.
Tadi saya tidak ada diminta menunjukkan KTP asli, artinya apakah bisa samsat kendaraan milik orang lain tanpa KTP asli dan cuma perlu fotokopian KTP pemilik kendaraan? Tadi saya juga ada lihat ada beberapa orang yang dokumennya tidak diterima dan ditolak. Kata petugas, silakan balik nama saja dulu kendaraannya supaya bisa samsat. Nah dari kejadian itu mungkin orang tersebut tidak bisa samsat kendaraan karena membeli kendaraan bekas dan pemilik kendaraan sebelumnya sudah memblokir nomor kendaraan tersebut supaya tidak kena tarif progresif. Jadi kesimpulannya adalah ketika kamu membeli kendaraan bekas maka segera harus diurus balik nama supaya tidak terjadi kendala saat membayar pajak. Seperti yang saya dengar tadi bahwa biaya bea balik nama kendaraan itu dia bilang hanya Rp 400.000 saja.

Sekedar info saja, tadi itu saya nyamsat motor Yamaha NMax tahun 2016, ini merupakan samsat pertama, bayarnya sebesar Rp 387.000 yang terdiri dari PKB Rp 327.000, SWDKLLJ Rp 35.000 dan pengesahan STNK Rp 25.000. Karena istri saya punya motor cuma satu saja jadi tidak kena pajak Progresif. Nah itulah info bayar pajak pertama Yamaha NMax, siapa tahu ada yang cari info seperti ini, semoga dengan tulisan ini bisa membantu tentang estimasi pembayaran pajak motor Yamaha Nmax kamu.

Nah itulah langkah-langkah untuk membayar pajak tahunan kendaraan di Samsat bersama Renon Denpasar. Sangat mudah dan tidak ribet dan tidak perlu pakai calo selain itu petugasnya juga ramah-ramah, jadi ke depannya kamu bisa datang sendiri atau sama pacar atau teman biar ada teman ngobrol. Semoga bermanfaat.

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana di tempat Informasi (naruh Map) Petugas sedang sibuk memeriksa map dan membuat nomor antrrean

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana ruang tunggu

Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar
Suasana di ruang Progresif, silakan taruh Map di depan bapak yang berdasi tersebut.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pengalaman Samsat Online di Renon Denpasar Part II"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih