Makna Gelang Sangadatu Bagi Umat Hindu

Advertisement
Advertisement
Sejak dua tahun ini mungkin sudah banyak umat Hindu Bali melihat dan bahkan memakai gelang yang terbuat dari benang dengan bermacam warna setidaknya ada sembilan jenis warna yang ada pada gelang benang tersebut yang disebut dengan gelang Sangadatu.

Makna Gelang Sangadatu Bagi Umat Hindu

Awal kemunculan gelang Sangadatu ini sejak tahun 2015 lalu yakni bertepatan dengan upacara Ida Bathara Turun Kabeh di Pura Besakih. Nah sampai saat ini setiap ada upacara Ida Bathara turun kabeh pasti ada gelang benang Sangadatu tersebut.

Seperti dari asal katanya Ida Bathara turun kabeh maka Turun berarti menuju ke bawah, dan kabeh berarti semua. Artinya seluruh Bathara berkumpul di Pura Agung Besakih, tepatnya di Pesamuan Agung untuk memberikan berkah kepada umatnya.

Makna Gelang Sangadatu Bagi Umat Hindu
Pertemuan para Dewa ini tentu melibatkan Dewa Penjaga Arah Mata Angin yang disebut Dewata Nawa Sanga yakni Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara dan Siwa. Jadi Gelang Sangadatu yang terdiri dari sembilan warna yang digunakan adalah merah, putih, hitam, hijau, biru, kuning, jingga, ungu dan abu-abu ini sangat erat kaitannya dengan upacara Ida Bathara turun kabeh di Besakih.

Jadi makna dari Gelang Sangadatu ini sudah pasti bahwa kita sudah mendapatkan berkah dari sembilan Dewa penjaga sembilan arah mata angin itu. Hal itu bisa ditunjukkan dengan memakai Gelang Sangadatu tersebut maka dipastikan orang itu sudah pernah nangkil dan sebahyang di Pura Besakih saat upacara Ida Bathara turun kabeh.

Untuk mendapatkan benang Gelang Sangadatu ini umat Hindu harus melakukan persembahyangan dulu, setelah mendapatkan tirta dan bija maka pemedek bisa langsung datang ke tempat dana punia. Pemedek cukup berdana punia seiklasnya dan nanti akan dikasih benang sesuai permintaan.

Kadang ada juga satu orang meminta lebih dari satu gelang Sangadatu, mungkin untuk dirinya satu dan juga untuk orang lain yang tidak bisa nangkil ke Pura Besakih pada saat ada upacara Ida Bathara turun kabeh. Nah dengan demikian orang yang tidak bisa nangkil juga bisa memakai gelang Sangadatu ini. 
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Makna Gelang Sangadatu Bagi Umat Hindu"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih