Cara Mudah Atasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui

Advertisement
Advertisement
Sebagai pengguna perangkat dengan OS Android tentu sudah paham betul kalau aplikasi yang terpasang pada perangkat tersebut akan mengalami pembaharuan pada waktu tertentu. Nah jika setiap ada pembaharuan / update aplikasi maka kita akan mendapat aplikasi dengan versi terbaru dan mungkin juga ada fitur baru yang diberikan bagi pengguna aplikasi.

Cara Mudah Atasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui

Kada dalam proses update tersebut kadang ada kendala misalnya aplikasi tidak bisa diperbarui karena beberapa alasan. Biasanya saat unduh aplikasi tersebut akan muncul pesan kalau aplikasi tidak bisa diperbarui karena masalah ruang penyimpanan dan akhirnya pembaharuan aplikasi gagal dan aplikasi tetap berada pada versi lama.

Selain itu ada juga penyebab lainnya seperti koneksi internet tidak bagus atau bahkan tidak ada koneksi sama sekali. Selain itu ada juga Aplikasi yang akan dipasang tidak kompetibel (cocok) dengan OS Android yang dipakai maka dari itu kita perlu update OS Android juga ke versi yang terbaru (Jika perangkat mendukung untuk update OS).

Nah dalam hal ini kita akan bahas jika aplikasi yang diupdate sudah sesuai dengan OS namun tetap tidak bisa update. Nah berikut beberapa cara untuk mengatasi aplikasi Android tidak bisa diperbarui.

1. Bersihkan cache dan data dari aplikasi Play Store

Pada saat membuka Play store dan memilih Aplikasi & Game saya maka disana akan ada tampilan beberapa aplikasi yang bisa diupdate. Namun ketika aplikasi dipilih untuk diupdate selalu gagal maka silakan ikuti cara berikut ini. Namun sebelum itu pastikan kamu ingat dengan email dan password yang dipakai untuk login ke Play Store.
  • Masuk ke Pengaturan kemudian pilih Manajer Aplikasi
  • Pada Tab Download, silakan pilih aplikasi Google Play Store
  • Silakan pilih tombol hapus data dan hapus memori.

2. Bersihkan cache dan data dari aplikasi yang akan di update.

Seringkali saat kita menggunakan aplikasi yang kita pakai misalnya Facebook, muncul pemberitahuan kalau untuk merasakan pengalaman yang terbaik saat memakai Facebook maka kita harus update ke versi aplikasi terbaru yang sudah tersedia di Play Store, jika  tidak bisa diperbaharui silakan ikuti cara di bawah ini.
  • Masuk ke Pengaturan kemudian pilih Manajer Aplikasi
  • Pada Tab Download, silakan pilih aplikasi Facebook
  • Silakan pilih tombol hapus data dan hapus memori.
  • Setelah itu silakan buka lagi Play Store untuk update aplikasi tersebut.

3. Gunakan Clean Master dan Reboot

Jika dua cara di atas tidak berhasil maka silakan bersihkan cache dan data HP secara keseluruhan dengan bantuan aplikasi Clean Master. Saat ini hampir kebanyakan HP Android sudah memiliki aplikasi Clean Master bawaan. Jika belum ada silakan unduh dulu aplikasi Clean Master, ada banyak di Play Store. Setelah itu silakan reboot HP kamu untuk restart HP.

Jadi kesimpulannya adalah, ketika aplikasi yang ada pada Android kamu tidak bisa diperbaharui maka ada banyak sampah pada perangkat kamu, oleh sebab itu silakan bersihkan file residu ada cache dan data secara berkala supaya performa HP berada dalam kondisi terbaik. Jika kamu memiliki aplikasi yang mengharuskan memiliki akun, maka untuk bisa menggunakannya lagi kamu harus login dulu.  
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Mudah Atasi Aplikasi Android Tidak Bisa Diperbarui"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih