Apa Itu Pita Penggaduh atau Rumble Strip?

Advertisement
Advertisement
Saya yakin bagi siapa saja yang sudah pernah mengendarai kendaraan di jalan raya atau yang menumpang kendaraan ketika di jalan raya maka akan melihat begitu banyak ada rambu-rambu lalu-lintas yang terpasang di sepanjang jalan yang dilewati terutama jalan raya yang banyak lalu-lalang kendaraan baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Pita Penggaduh atau Rumble Strip

Rambu-rambu lalu-lintas ada yang dipasang di pinggir jalan sebagai petunjuk atau larangan tertentu bagi pengendara. Selain itu ada juga rambu yang terdapat pada jalan raya atau sering juga disebut dengan markah jalan yang berfungsi sesuai dengan bentuknya.

Salah satu bentuk markah jalan yang paling banyak ada adalah yakni garis tengah berwarna putih baik yang putus-putus atau pun garis putih yang menyambung. garis ini berfungsi sebagai median jalan untuk memisahkan arus dari lawan arah. Selain itu garis ini juga sangat berfungsi ketika berkendara dalam situasi berkabut, garis ini akan membantu sekali untuk menentukan kita saat berkendara dijalan. Supaya tidak sampai lewat median jalan.

Pita Penggaduh atau Rumble Strip

Nah selain itu masih ada banyak markah jalan yang ada, pernah kan melihat garis putih yang agak tebal dan berjejer sampai lima garis atau lebih memotong jalan nah garis itu disebut dengan Pita Penggaduh atau Rumble Strip atau disebut juga pita kejut. Ketika garis itu dilalui oleh kendaraan maka orang yang ada di dalam kendaraan pasti akan mengalami getaran yang bertujuan untuk menjaga konsentrasi pengendara.

Ketika melewati garis ini maka disarankan untuk tidak mengurangi kecepatan secara ekstreme, cukup angkat pedal gas saat melewatinya karena fungsi dari Pita Penggaduh ini berbeda jauh dengan fungsi polisi tidur yang memang bertujuan untuk mengurangi kecepatan kendaraan saat melewati polisi tidur tersebut.

Dimana biasanya terdapat Pita Penggaduh atau Rumble Strip ini? saya yang sering lewat di jalan yang ada di renon sering menjumpai Pita Penggaduh atau Rumble Strip ini. Biasanya Pita Penggaduh atau Rumble Strip saya jumpai di dekat perempatan setidaknya berjaran 10 m sebelum perempatan terdapat Pita Penggaduh atau Rumble Strip ini.

Biasanya perempatan yang tidak ada traffict lightnya pasti ada Pita Penggaduh atau Rumble Stripnya. Tujuannya sudah pasti untuk menggetarkan pengendara supaya konsentrasi apalagi saat ada perempatan pasti akan ada kendaraan yang saling menyeberang oleh sebab itu perlu konsentrasi saat melewati perempatan yang tidak ada traffict light.

Nah itulah yang disebut dengan Pita Penggaduh atau Rumble Strip jadi kamu sekarang sudah tahu kan apa itu Pita Penggaduh atau Rumble Strip? semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Apa Itu Pita Penggaduh atau Rumble Strip?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih