Kenapa Ban Depan Motor Matik Habis Sebagian dan Bergelombang?

Advertisement
Advertisement
Hari ini saya datang ke bengkel untuk mengganti ban depan motor matik saya karena ban depannya sudah habis. Apa lagi saat ini musim hujan tentu jalan akan lebih licin dari jalan normal, oleh sebab itu motor perlu ban yang gripnya masih tebal supaya bisa mencengkram jalan aspal dengan baik.

Kenapa Ban Depan Motor Matik Habis Sebagian dan Bergelombang

Namun saat saya perhatikan ada hal yang membuat saya bertanya-tanya dalam benak saya, ban depan yang akan saya ganti nampak seperti bergelombang dan habisnya tidak rata dimana bagian kanan ban terlihat tampak lebih tipis dan juga bergelombang.

Nah mumpung cuaca cerah dan belum turun hujan, saya langsung berangkat ke bengkel yang kebetulan dekat rumah sambil masih bertanya-tanya dalam hati kok bisa ban depan motor matik saya habisnya pada bagian kanan saja dan juga bergelombang padahal motor tidak pernah jatuh yang membuat shock depan rusak atau sasis bengkok. Nah karena jaraknya dekat, tidak sampai lima menit saya pun sampai dibengkel yang saya maksud.

Nah sampai dibengkel harus nunggu lagi beberapa menit karena ada orang yang juga ganti ban belakang dan kayaknya sudah hampir selesai. Saat tiba di bengkel saya langsung bilang mau ganti ban depan, tapi apa yang terjadi montirnya malah mengambil slang angin dan ingin mengisi ban depan saya dnegan angin. langsung saya ingtakn "Bro saya mau ganti ban depan bukan beli angin" dai pun tertawa dan orang yang ganti ban itu juga ikut tertawa.

Lanjut cerita setelah orang gitu selesai ganti ban maka giliran ban motor saya yang akan diganti. Sambil diganti saya juga bilang ke montirnya kalau stang motor agak kaku dipakai. Saya sempat bertanya kepada motirnya, "Kenapa ban depannya kok habisnya tidak rata, yang bagian kanan yang lebih habis dan juga bergelombnga?"

Dai pun menjawab, "Itu sudah biasa, motor matik shock belakang cuma satu yakni di bagian kiri, jadi sudah pasti ada beban yang lebih berat pada bagian kanan dan itu berimbas pada ban depan." Nah apakah jawab itu masuk akal? penyebabnya adalah karena adalah shock belakang motor matik kebanyakan cuma sebelah kiri saja.

Ban depan habis pada bagian kanan saja dan juga bergelombang ini tidak hanya terjadi apda satu pabrikan saja melainkan hampir semua pabrikan yang memproduksi motor matik seperti Honda, Yamah dan Suzuki. Nah apakah kalian pernha mengamati hal seperti ini pada motor matik kamu?

Sambil ngobrol dan memasang ban akhirnya pekerjaan mengganti ban pun selesai dan dilanjutkan dengan mengecik komstir dengan membuka cover depan vario supaya bisa menyetel komstir supaya motor dibawa lebih nyaman. Nah itulah sedikti cerita hari ini saat mengganti ban depan motor matik saya. Semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kenapa Ban Depan Motor Matik Habis Sebagian dan Bergelombang?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih