Bumbu Rujak Manis Khas Singaraja

Advertisement
Advertisement
Sejak dua hari lalu saya selalu mendapat ide untuk membuat rujak karena mendapat bahan rujak dari kampung yang dititipkan oleh orang tua saya dan juga mertua saya. Nah kebetulan titipannya berupa buah-buahan yang bisa diolah menjadi rujak, maka saya buat menjadi rujak seperti rujak rambutan yang kekinian yang sudah pernah saya buat sebelumnya.

Bumbu Rujak Manis Khas Singaraja

Nah yang kedua saya juga mendapat titipan lagi dari mertua yakni buah wani, buah wani ini memang paling enak kalau dibuat menjadi rujak ketika buahnya belum matang. Buahnya yang berwarna putih bersih setelah dikupas dan sangat renyah ketika sudah diiris tipis-tipis untuk bahan rujak.

Selain untuk rujak wani ini kurang bisa diolah untuk makanan lainnya, jika dimakan saat sudah mateng, bagi saya rasanya kurang enak, paling enak itu ya dibikin rujak dengan bumbu lalah manis ala khas bumbu rujak Singaraja yang banyak di jual.

Singaraja memang banyak memiliki makanan khas, salah satu rujak dan tipat cantok, banyak orang yang menjual makanan ini dan memakai plang rujak dan tipat cantok khas Singaraja dan dijamin rasanya pasti enak.

Kali ini saya akan memberikan resep dan cara membuat bumbu rujak manis khas Singaraja, kenapa khas Singaraja, karena didaerah lain jarang ada rujak dengan bumbu seperti ini,biasanya orang lain mengenal rujak itu seperti rujak kuah pindang.

Nah berikut bahan bumbu rujak khas Singaraja.

  1. Gula merah yang asli supaya rasanya mantap 100 gram (diiris tipis-tipis supaya mudah diulek)
  2. Asam 100 gram
  3. Terasi dibakar 1 cm saja
  4. Garam secukupnya
  5. Jeruk limau 1 buah
  6. Cabai secukupnya
Berikut cara bumbu rujak manis khas Singaraja
  1. Silakan campur bahan seperti gula merah, garam, cabai dan asam.
  2. Silakan campur atau ulek diatas cantokan sampai tercampur rata.
  3. Silakan isi air putih secukupnya, aduk-aduk lagi.
  4. Setelah itu silakan peras jeruk limau
  5. Boleh isi MSG, kalau mau untuk menambah rasa.
  6. Silakan aduk-aduk lagi supaya tercampur rata.
Nah itulah bahan untuk membuat bumbu rujak manis khas Singaraja, bumbu rujak itu bisa untuk membuat rujak dari buah pepaya, wani, ketela rambat, mengkudu yang masih mentah, bengkoang dan mentimun. Nah silakan coba untuk membuat sendiri rujak khas Singaraja ini dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Bumbu Rujak Manis Khas Singaraja"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih