Ribetnya Unduh e-Filling Pajak Perlu EFIN

Advertisement
Advertisement
Kemarin saya disuruh oleh istri saya untuk unduh e-filling, karena istri saya sudah punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jadi mau tidak mau harus tetap laporkan SPT meskipun penghasilan masih di bawah PTKP, namun karena sudah kadung sudah terdaftar maka saya disuruh untuk unduh e-filling untuk SPT Tahunan setiap tahun.

Ribetnya Unduh e-Filling Pajak Perlu EFIN

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang
dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Namun ketika saya akan mengunduh file e-filling ini ternyata tidak semudah mengunduh aplikasi gratis di filehippo.com karena untuk mengunduh e-filling ini kita harus punya yang namanya EFIN yang harus didapatkan di Kantor Pajak. EFIN yang merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik di antaranya adalah e-Filing pajak. 

EFIN ini berguna sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap transaksi elektronik atau efiling SPT (surat pemberitahuan pajak) dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya. EFIN pajak ini sangat penting karena dengan EFIN ini Anda dapat merasakan manfaat lapor SPT online dengan Online Pajak yang sangat besar. 

Nah bagaimana caranya mendapatkan EFIN untuk wajib pajak pribadi? Silakan perhatikan langkah-langkah berikut ini.
  1. Download dan lengkapi formulir permohonan EFIN (sudah ada cara mengisinya) silakan unduh disini
  2. Datang ke kantor pajak dengan membawa data berikut ini
    • Surat permohonan e-FIN yang sudah lengkap
    • Fotocopy NPWP Wajib pajak
    • Fotocopy dan Asli Identitas salah satu wajib pajak.
    • Alamat email yang aktif
Setelah itu silakan datang ke KPP tempat perusahaan terdaftar dan bisa diwakilkan. Nah setelah data diatas sudah lengkap silakan datang ke KPP tempat perusahaan tempat bekerja terdaftar. Setelah mendapatkan EFIN katanya harus aktivasi akun dan nanti akan saya update lagi setelah berhasil mendapatkan EFIN ini.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Ribetnya Unduh e-Filling Pajak Perlu EFIN"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih