Kapahjumah.com Sebagai Sosial Media Khusus Traveller

Advertisement
Advertisement
Saat ini begitu banyak ada media untuk bisa menulis secara online, baik dalam bentuk sosial media maupun blog dan keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah dari sekian banyak media sosial dan platform blog tentu sudah banyak orang yang memakai untuk sebuah kepentingan sendiri-sendiri.

Kapahjumah.com Sebagai Sosial Media Khusus Traveller

Kali ini saya akan sedikit berkhayal tentang sebuah sosial media yang berupa seperti blog atau mungkin bisa disebut sosioblog dan memang dari dulu juga blog itu sebuah median untuk sosial dan lebih sering disebut netizen bagi mereka yang aktif di sosial median dan blog untuk update berita apapun.

Sosial media yang saya maksud adalah satu sosial media yang khusus bagi mereka yang suka traveling atau bagi traveller dalam arti luas artinya bagi mereka yang suka bepergian untuk khusus rekreasi atau bekerja sambil liburan ke suatu tempat. Intinya sosial media ini khusus bagi mereka yang jarang dirumah yang suka beberpergian ke tempat wisata.

Kali ini mungkin domain kapahjumah.com yang akan saya jadikan contoh karena dari arti katanya Kapah Jumah ini cocok untuk dibuat sebagai media sosial khusus traveller. Kapah Jumah berasal dari dua suku kata yakni Kapah dan Jumah. Kapah artinya jarang dan Jumah artinya di rumah jadi Kapah Jumah artinya jarang berada di rumah karena berbagai alasan seperti berpetualang, menuntut ilmu atau tuntutan ekonomi (pekerjaan) sehingga mereka harus keluar meninggalkan kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama

Cara kerja sosial media kapahjumah.com ini mungkin akan seperti ini, menu yang ada di kapahjumah.com mungkin sedikit tidaknya akan sama seperti media sosial yang ada saat ini misalnya ada  fitur berbagi teks, foto, video dan pastinya fitur check in pada suatu tempat yang dikunjungi.

Sementara untuk pencarian teman mungkin caranya akan sama dengan sosial media yang lain, bisa seperti facebook atau bisa juga seperti twitter atau Instagram cukup dengan saling follow untuk bisa menikmati feed dari setiap akun yang disukai

Namun sosial media ini hanya tersedia pada aplikasi mobile saja layaknya aplikasi Path. Namun tentu akan jauh berbeda dengan Path. Nah dengan aplikasi mobile ini maka ada beberapa hal yang mungkin membuat jejaring sosial khusus petualang atau traveller ini akan menjadi jauh berbeda dengan sosial media lainnya.

Karena ini merupakan sosial media khusus Traveller maka yang menjadi fitur utama dari sosial media ini adalah check ini atau singgah (namun tidak akan sama seperti foursquare yang dulu), sebelum mereka check in maka mereka tidak akan bisa memakai fitur lainnya seperti unggah foto dan video (untuk hal ini saya masih ragu), nanti akan saya bicarakan dengan pengembang 😆😆😆.

Saat mengambil foto seseorang juga langsung bisa mengatur ukuran foto atau videonya dan juga bisa mengatur nama file yang akan dipakai serta ada juga editor sederhana sekedar menambah teks dan lain-lain, selain itu yang paling menarik adalah pengguna bisa langsung menambahkan watermark dalam foto atau video yang mereka ambil sebelum diunggah ke dalam sosial media kapahjumah.com jadi dengan demikian tidak akan ada orang yang mengakui karya orang lain disini.

Watermark yang muncul di foto atau video adalah username dari akun kapah jumah yang dipakai waktu mendaftar. Selanjutnya untuk masalah username pastinya tidak bisa diganti supaya tidak ada pencurian username di kemudian hari oleh pengguna lain ketika username sebelumnya sudah tidak dipakai lagi oleh yang pertama memakai. Jadi saat akan memilih username harus dipilih dengan baik supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Para pengguna akun sosial media kapahjumah.com ini hanya bisa unggah foto atau video yang diambil dari ponsel mereka saja artinya tidak bisa mengambil dari galery sehingga foto yang diunggah memang benar benar diambil dari lokasi dan bukan dari unduh dari tempat lain. Jadi saat masuk ke aplikasi ini harus ada verifikasi atau izin untuk menggunakan kamera dan akan ada folder khusus dengan nama kapah jumah sebagai tempat menyimpan foto atau video.

Ketika tidak ada jaringan internet ketika akan menggunggah, maka video atau foto yang akan diunggah akan tersimpan di draft dan nanti akan terkirim secara otomatis ketika sudah mendapatkan koneksi internet, jadi dengan demikian tidak ada moment yang terlewatkan saat berada di suatu tempat.

Mungkin sosial media ini akan seperti blog dan juga sosial media namun tidak akan seperti Tumblr. Saat posting teks juga sama seperti saat ngeblog dimana bisa mengkombinasikan teks, foto dan video dan pastinya dalam fitur memasukkan teks ini tidak ada menu tempel atau paste, supaya apa yang diposting disini memang benar murni dari tulisan yang punya akun dan bukan dari hasil copy dari tempat lain.

Dengan demikian akan ada keistimewaan dari akun ini, dengan segala sesuatu yang diposting disini merupakan asli maka suatu saat pengguna akun disini bisa menghasilkan uang ketika konten yang diposting sudah bisa dimonetisasi. Dengan demikian sosial media ini akan seperti blog. Nah itulah khayalan saya saat ini kerena saya tidak ada ide untuk menulis yang lain maka dari itu khayalan saya inilah yang saya keluarkan di sini, semoga ada pengembang atau start up yang punya ide yang sama seperti saya. Atau memang sudah ada hal seperti ini?
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kapahjumah.com Sebagai Sosial Media Khusus Traveller"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih