Begini Cara Menyeberang yang Benar Jika Situasi Seperti ini.

Advertisement
Advertisement
Namanya dijalan kita harus tetap waspada supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara. Namun meski kita sudah tertib dalam berlalu-lintas di jalan, kadang ada saja orang yang suka melanggar peraturan atau lalai dalam berkendara sehingga merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Oleh sebab itu tetap hati-hati saat berkendara dan perhatikan sekitar kita dan fokus saat berkendara di jalan raya.

Begini Cara Menyeberang yang Benar Jika Situasi Seperti ini.

Kejadiannya seperti ini, saat saya akan menyeberang atau memotong jalan dari jalur kiri ke kanan untuk mencari ATM di sebuah mini market. Saya datang dari arah barat, dari lawan arah kondisi lalu-lintas agak ramai dan sedikit macet. Setelah itu ada mobil yang mengurangi kecepatannya dan berhenti memberikan saya kesempatan untuk menyeberang.

Tanpa pikir panjang saya pun langsung memotong jalan tanpa memperhatikan situasi di balik mobil (sebelah kiri mobil) yang memang tak terlihat oleh saya. Setelah itu tiba-tiba ada sepeda motor yang muncul dan menabrak saya, untung saya bisa mengerem motor saya jadi tabrakan tidak parah. Orang itu tidak fokus kedepan saat menabrak saya, saya lihat dia melihat ke arah mini market tersebut.

Setelah sedikit cekcok masih dalam posisi diatas masing-masing motor, saya bilang ke dia, bawa motornya pelan-pelan, jalan macet. Lalu dia pun ngomong entah apa yang dia bicarakan, saya tidak jelas mendengarnya, karena saya langsung menuju parkir mini market untuk mencari mesin ATM.

Setelah itu saya langsung balik ke kost, setelah sampai, saya langsung cek bagian motor yang kena tabrak, saya melihat ada bercak hitam pada bagian yang ditabrak. Tanpa pikir panjang saya langsung punya inisiatif untuk menggosok bagian itu dengan pertamax. Setelah saya coba mengosok-gosoknya, akhirnya bercak hitam bekas tabrakan itu bisa hilang tanpa ada lecet.

Nah dari kejadian tersebut siapa yang salah, saya atau yang menabrak? mungkin bisa dibilang keduanya salah. Tumben saya tidak memperhatikan hal itu, karena terlalu fokus kepada mobil yang sudah berhenti memberikan saya kesempatan menyeberang. Dengan demikian saya pikir sudah tidak ada lagi mobil atau sepeda motor yang melintas.

Untuk menghindari tabrakan seperti itu, sebaiknya lakukan hal seperti ini jika kamu juga menemukan situasi yang sama. Bagi yang menyeberang jalan jika sudah diberikan kesempatan menyeberang oleh mobil dari lawan arah, sebaiknya menyeberang pelan-pelan, sambil melihat ke arah di balik mobil, apakah sudah aman atau masih ada motor yang melintas.

Dalam posisi seperti itu biasanya pengendara di balik mobil tidak terlihat oleh yang menyeberang. Begitu juga orang yang menyeberang tidak terlihat oleh motor yang ada di balik kiri mobil tersebut. Nah bagi kamu yang sedang naik motor dan berada di kiri mobil, jika mobil atau kendaraan di sebelah mu tiba-tiba mengeram atau berhenti, maka sudah pasti di depan mobil tersebut ada halangan sehingga harus mengerem atau berhenti.

Jika kamu sedang membawa motor di sebelah mobil dengan situasi seperti itu, maka apa yang akan kamu lakukan? apakah akan ikut mengerem dan berhenti atau tetap melaju dengan kecepatan yang sama? Sebaiknya kamu ikut mengerem saja untuk jaga-jaga supaya tidak menabrak sesuatu yang melintas di depan kamu, jika sudah bisa melihat situasi aman, baru lanjutkan perjalanan.

Biasanya kalau mobil besar seperti truck atau bus besar yang ada keneknya, jika ada hal seperti itu maka, kenek yang ada di bagian kiri akan melambaikan tangan dengan tujuan memberikan kode bahwa di depannya ada halangan sehingga motor atau kendaraan yang ada di sampingnya sebisa mungkin mengurangi kecepatan.

Nah itulah tips kali ini jika harus menyeberang di depan mobil dan disamping mobil belum tahu situasinya, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Begini Cara Menyeberang yang Benar Jika Situasi Seperti ini."

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih