Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71

Hari ini Rabu tanggal 17 Agustus 2016 merupakan hari bersejarah bagi Indonesia, dimana 71 tahun tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 (17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang) lalu Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajah Jepang yang berkuasa saat itu. Proklamasi kemerdekaan pun dibacakan pada hari itu oleh Presiden RI pertama yakni Bung Karno dan Bung Hatta di jalan Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta Pusat.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71

Dalam acara hari itu secara resmi Indonesia memproklamasikan Kemerdekaannya dengan menaikkan bendera Merah Putih yang dijahit langsung oleh Ibu Farmawati. Berikut adalah isi naskah Proklamasi  Klad tahun 1945 yang ditulis langsung oleh Ir. Soekarno.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - '05
Wakil2 bangsa Indonesia.

Kemudian naskah tersebut diketik oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik, teks naskah proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Otentik", yang isinya adalah sebagai berikut :

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta.

Nah itulah naskah teks proklamasi  kemerdekaan Indonesia yang saat ini sudah berumur 71 tahun dan seperti kita ketahui keadaan negara kita seperti apa. Saya tidak akan banyak bercerita tentang keadaan bangsa dan negara Indonesia saat ini karena seperti kita ketahui banyak media yang hanya membahas masalah politik.

Kali ini saya hanya mau mengatakan dan mencatat perayaan 17 Agustus 2016 ini menjadi perayaan pertama kemerdekaan Indonesia, dimana saya sudah berstatus menikah atau sudah punya istri. Tulisan ini sebenarnya hanya terpaksa saya buat karena menurut saya hari ini juga bersejarah bagi saya sendiri yang berkaitan dengan status saya saat ini.

Nah jika kamu mencari yang berkaitan dengan hari kemerdekaan Indonesia, mungkin kamu hanya bisa mendapatkan teks atau naskah proklamasi kemerdekaan saja. Nah inilah hari bersejarah bagi saya dimana saya sudah tidak single lagi saat merayakan kemerdekaan yang ke-71 pada tahun 2016 ini.
Kriana
Kriana Saya hanya orang yang menyempatkan diri untuk menulis tentang apa saja ketika saya sempat menulis, untuk diri sendiri maupun informasi untuk orang lain

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71"