Ini Ancaman dan Bahaya Ketika Naik Motor Sambil Bermain Pokemon Go

Advertisement
Advertisement
Saat ini kebutuhan akan perangkat mobile sebagai sarana komunikasi merupakan kebutuhan primer. Hampir setiap orang memiliki yang namanya perangkat mobile seperti Handphone dan gadget lainnya yang bisa dibawa kemana-mana. Mungkin saat ini kebutuhan akan handphone adalah perangkat yang wajib ketika kita keluar ruangan.

Ini Ancaman dan Bahaya Ketika Naik Motor Sambil Bermain Pokemon Go

Namun meskipun demikian saat ini banyak yang lalai akan pemakaian handphone mereka atau memakai handphone tidak pada tempatnya atau tidak mempedulikan lingkungannya dan situasi saat itu. Salah satu kenakalan saat menggunakan handphone adalah ketika berkendara. Biasanya mereka menerima telepon atau SMS ketika sedang berkendara.

Selain untuk menerima telepon dan juga SMS, saat ini sedang booming game Pokemon Go yang mewajibkan para pemainnya keluar ruangan untuk berburu pokemon. Kadang karena jarak pokemon jauh, maka pemain memutuskan untuk naik kendaraan untuk berburu pokemon GO. Nah saat berkendara itu pasti konsentrasi akan terbagi antara berkendara dengan melihat layar HP untuk mengetahui posisi Pokemon tersebut.

Ini adalah sesuatu yang sangat berbahaya dimana ketika sedang berkendara baik sepeda motor atau mobil maka konsentrasi akan terbagi antara mengemudi dan melihat layar HP. Sebenarnya Pemerintah telah mengeluarkan larangan penggunaan HP sambil menyetir kendaraan dalam Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, namun hingga kini masih banyak pengendara yang ‘nakal’.

Menurut Pasal 106 ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009, ketika mengendarai kendaraan bermotor, pengemudi wajib berkonsentrasi. Pelanggaran terhadap pasal ini diberikan sanksi di pasal 283, yang berisikan ancaman denda maksimal 750 ribu rupiah atau kurungan penjara paling lama tiga bulan. Namun aturan tetaplah hanya aturan, sampai saat ini masih banyak pengendara yang tidak peduli dengan keselamatannya.

Selain kena sanksi dari peraturan yang sudah ada tersebut, ancaman atau bahaya yang paling dekat ketika seseorang berkendara sambil bermain HP adalah menabrak atau kecelakaan. Bayangkan saja jika pengemudi mengantuk (tak sadar) selama 1-2 detik dalam kecepatan tinggi 80-100 Km/jam, maka laju dan arah kendaraan dapat tak terkontrol sejauh 10-20 meter.

Namun dalam kasus ini memang jarang orang yang berkendara sambil main HP memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Biasanya mereka melaju dengan kecepatan lambat dan biasanya berada agak di pinggir. Nah meskipun demikian bahaya selalu mengintai ketika kamu bermain Pokemon GO di HP saat berkendara. Oleh sebab itu selalu taati peraturan jika sedang berkendara supaya tidak kena musibah.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Ini Ancaman dan Bahaya Ketika Naik Motor Sambil Bermain Pokemon Go"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih