Cara Melepas atau Memotong Rantai Jam Tangan Stainless

Advertisement
Advertisement
Sepertinya sudah semua tahu kalau Jam tangan itu memiliki tali ada yang terbuat dari bahan elastis seperti kulit dan ada juga terbuat dari bahan keras seperti logam atau stainless. Nah dari kedua jam tangan tersebut untuk bisa dipakai dengan pas tentu memiliki cara yang berbeda saat jam yang akan dipakai di tangan terlalu longgar.

Cara Melepas atau Memotong Rantai Jam Tangan Stainless

Untuk tali jam yang terbuat dari kulit mungkin cukup dengan menambah lubang pada tali jam supaya bisa memasukkan jarum pengunci pada tali jam tersebut. Nah bagaimana kalau tali atau rantai jam terbuat dari logam atau stainless? Caranya tentu tidak akan sama dengan tali jam yang terbuat dari kulit.

Seperti diketahui kalau jam yang talinya terbuat dari logam itu merupakan memakai sistem rantai (menyambung) dan biasanya kuncinya langsung melingkar atau menyatu dengan talinya. Jadi jalan satu-satunya untuk memendekkan tali jam seperti itu adalah dengan cara mengurangi mata rantai pada tali jam itu.

Jika kamu ingin memotong rantai atau tali jam tangan dari bahan logam tersebut caranya sangat mudah, siapkan dua alat ini saja yakni obeng kecil dan tang runcing seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Kemudian cari alas untuk menaruh jam tangan supaya ada lubang pada alas tersebut, misalnya pakai saja kunci seperti gambar di bawah dan jangan lupa isi alas dari bahan yang lembut, bisa memakai kain atau busa.

Cara Melepas atau Memotong Rantai Jam Tangan Stainless

Setelah beberapa alat tersebut tersedia, bagaimana cara untuk membuka atau melepas tali jam tangan dari stainless tersebut? untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Melepas atau Memotong Rantai Jam Tangan Stainless

Silakan perhatikan bagian yang ditunjukkan oleh anak panah warna merah tersebut. Bagian itu adalah pengunci atau pen dari rantai jam tersebut, jadi untuk membuka atau memutuskan rantai itu adalah dengan cara membuka pen tersebut. Caranya adalah dengan mengeluarkan pen tersebut dari rantai tersebut.

Cara membuka pen tersebut adalah dengan memukul pen tersebut, taruh obeng kecil di atas pen tersebut, kemudian pukul obeng dengan tang secara perlahan, supaya ujung pen dibagian bawahnya mau keluar. Jika pen sudah mulai keluar, silakan cabut dengan tang sampai lepas dari rantai atau tali jam tersebut.

Lakukan cara yang sama untuk pen yang lain, silakan ulangi cara-cara di atas sampai pen yang diinginkan bisa lepas dan bisa menemukan ukuran tali jam dengan pas. Cara tersebut adalah untuk jam yang harganya murah, untuk jam yang harganya mahal, caranya tentu berbeda dengan cara di atas.

Untuk jam tangan yang harganya mahal caranya berbeda. Arloji yang agak bermerk “mahalan”, umumnya terdapat semacam kunci “lock” disisi rantai sebelah dalam, untuk melepasnya hanyalah dengan digeser kearah kiri & kanan ( secara dua arah) layaknya membuka baut, jika kamu memiliki jam seperti ini gunakanlah obeng jam untuk membukanya.

Nah itulah tips kali ini yakni tentang cara membuka tali jam tangan atau arloji yang terbuat dari logam, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Melepas atau Memotong Rantai Jam Tangan Stainless"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih