Peralatan Wajib Dibawa Saat Touring Motor

Advertisement
Advertisement
Mengambil keputusan sebagai seorang single fighter dalam mengarungi kerasnya dunia touring motor tentu akan ada sisi posistif dan negatif saat kita menjalani single touring sebagai seorang single figther. Saat ini saya akan mencoba membahas tentang perlengkapan kita saat menjalani single touring. Kita tidak pernah tahu situasi apa yang akan kita jumpai saat touring, kendala pada sepeda motor bisa saja terjadi bisa karena cuaca atau hal lain.

Peralatan Wajib Dibawa Saat Touring Motor

Sebelum memutuskan untuk single touring, pastinya kita sudah mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung dalam kelancaran touring nanti. Paling penting adalah persiapan mental dan fisik, kemudian tujuan touring dan juga memeriksa kelengkapan sepeda motor dan segala yang berkaitan dengannya. Jangan lupa untuk memakai safety gear saat touring supaya lebih aman saat berkendara dan juga patuhi segala bentuk peraturan lalu-lintas  saat berada di jalan dan berkendara dengan baik..

Meski kita sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran saat touring nanti, namun kadang kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan dan bisa jadi hal tersebut menjadi kendala saat kita menjalani single touring tersebut, nah saat single touring ada juga beberapa alat yang musti dibawa, apa sajakah itu, nah berikut adalah barang-barang tersebut.

1. Jaket Anti Hujan / Jas Hujan

Jaket menjadi salah satu pakaian yang paling penting untuk dibawa saat touring motor. Sebab Anda akan menghabiskan banyak waktu di jalanan dengan kondisi dan cuaca yang tak tentu. Dengan penggunaan Jaket Anti Hujan, Anda pun bisa terhindar dari rasa dingin dan pakaian akan terhindar dari basah ketika cuaca hujan.

2. Pakaian Ganti & Alas Kaki Nyaman

Jika single touring menempuh jarak yang jauh dan juga dalam jangka waktu yang lama, maka tidak ada salahnya membawa baju ganti dan juga alas kaki yang nyaman. Sebab melakukan perjalanan jauh, dan bisa saja memakan waktu lebih dari 1 hari. Karena itulah, membawa pakaian ganti dan alas kaki yang nyaman menjadi penting. Untuk alas kaki, sesuaikan dengan tema dan atau rute touring motor yang akan ditempuh. Sedangkan untuk pakaian ganti, penggunaan kaus lengan pendek atau t-shirt juga bisa jadi pilihan sebagai pakaian ganti selama single touring motor.

3. Obat-obatan dan Kotak P3K

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan single touring motor wajib adanya. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika kita mengalami gejala tidak enak badan saat bepergian misalnya sakit kepala, mules dan lain-lain.

4. Uang tunai Secukupnya

Bagi sebagian orang, membawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Padahal, hal ini sebenarnya diperlukan saat kita melewati rute touring motor yang daerahnya tak memiliki ATM atau bank sekalipun. Hanya saja, selalu pisahkan uang menjadi beberapa tempat tertentu di luar dompet, sekedar untuk berjaga-jaga dari kemungkinan kita mengalami pemerasan atau dompet kita hilang saat berkendara.

5. Tool Kit Sederhana

Untuk mempermudah kita selama perjalanan touring motor, wajib menyediakan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor di motor, kita masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.

6. Flat Tire Repair Kit

Perangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor saat bepergian touring tak begitu penting. Tapi, jika motor mengalami kebocoran ban saat touring, maka perangkat ini sangat berguna. Dilengkapi dengan pompa/tabung gas, obeng, serta lem dan karet untuk tambal ban, kini menambal ban motor bisa dilakukan dengan cepat dan seorang diri.

7. Senter dan Pemantik Api

Melengkapi tool kit, pisau lipat multifungsi pun menjadi salah satu peralatan yang wajib dibawa saat touring. Kegunaan pisau lipat ini bukan hanya untuk kebutuhan motor saja, tapi juga bisa berguna untuk yang lain. Setidaknya, pastikan pisau lipat yang digunakan memiliki banyak pilihan pisau, sekaligus dalam kondisi masih tajam.

8. GPS / Peta fisik / Samrtphone

Kemajuan teknologi membuat teknologi navigasi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan, bahkan di kala sedang melakukan touring motor sekalipun, jika tidak punya GPS saat ini smarphone juga bisa dipakai sebagai navigasi saat touring. Hanya saja, penggunaan GPS / Smartphone seringkali terhalang oleh sinyal di Indonesia yang tak terlalu baik, sehingga peta fisik masih menjadi andalan utama saat berkendara touring motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan atau peta fisik ini selalu tersedia saat melakukan touring motor.

9. Powerbank / USB Charger

Tidak dipungkiri saat ini kita sangat tergantung dengan yang namanya listrik untuk menghidupi Gadget kita saat touring, oleh sebab itu keberadaan powerbank ini bisa sangat membantu. Namun sekarang sudah semakin praktis, karena pada motor yang dipakai touring juga sudah bisa dipasnag USB Charger untuk mengisi daya gadget saat masih berkendara. Jadi saat berkendara kita bisa mengisi daya gadget kita tanpa harus menunggu lagi. (carmudi)

Nah itulah beberapa peralatan yang bisa dibawa ketika akan single tauring, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Peralatan Wajib Dibawa Saat Touring Motor"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih