Motor-Motor yang dicontek oleh Cina

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tidak tahu Cina, negara yang penduduknya milyaran dan dari sana banyak terdapat sumber daya manusia yang memang memiliki kemampuan yang luar biasa. Seperti diketahui kalau cina itu bisa membuat barang apapun yang sama persis dengan yang aslinya. Barang industri disana lebih banyak seperti industri rumah tangga. Dulu ada istilah kalau Made in China berarti barang itu kualitasnya buruk, namun berbeda dengan saat ini barang produksi Cina sudah memiliki kualitas yang mumpuni. Kita lihat saja didunia Smartphone, produksi China ini membanjiri pasaran smartphone saat ini.

Selain industri telepon pintar, cina juga sudah mulai maju dalam bidang industri otomotif, saat ini banyak pabrik roda dua China yang mulai bisa berbicara terutama dalam hal kualitas produk. Karena dahulu pernah produk roda da cina masuk Indonesia sekitar tahun 2000an, namun kualitasnya payah dan tidak seperti motor buatan Jepang. Oleh sebab itu motor-motor itupun tidak bisa bertahan lama di pasar Indonesia yang sudah dikuasai oleh pabrikan Jepang.

Memang Cina bisa mencontek apa saja, saat ini beberapa pabrikan sepeda motor di China meniru model sepeda motor yang terkenal yang sudah ada di pasaran dari segi tampangnya memang sama persis dengan model yang diconteknya, nah apa saja motor yang dicontek oleh pabrikan Cina tersebut, berikut adalah motor-motor tersebut.

1. Bajaj Pulsar vs Gulsar

Pabrikan yang dicontek adalah pabrikan asal India yakni Bajaj Pulsar yang bernama hampir kirip yakni Gulsar. Adalah Taian Chiran Machinery Company Ltd merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda motor ini.


2. Yayama R6 vs Yamaha R6

Kebanyakan pabrikan yang dicontek adalah pabrikan asal Jepang, salah satu motor sport yang dicontek adalah Yamaha R6. Kali ini produk dari Cina tersebut diberi nama Yayama R6 hampir mirip namanya dengan yang aslinya. Jika Yamaha R6 punya mesin 600cc, sementara Yayama R6 hanya 150cc.


3. C8 Tomahawk vs KTM Duke

Masih seputar motor sport kali ini yang dicontek adalah pabrikan asal Austria yakni KTM Duke. Adalah Zhejiang JiaJue Motorcycle yang memproduksi motor ini dalam kapasitas mesin 3 pilihan yakni 150 cc, 250 cc dan 300 cc.


4. Kengo R350 vs Kawasaki Ninja 300

Motor sport Kawasaki Ninja juga tidak terkena kloningan juga dari Cina. Sebelumnya saya sudah pernah bahas tentang Kengo R350 ini. Sepeda motor Kengo R350 ini, bermesin 320,7 cc DOHC dua silinder, di mana bisa memuntahkan 23,5 tk . Produk peniru Kawasaki Ninja 300 ini, harganya hampir tiga perempat lebih murah. Selain pasar China, Kengo juga terlihat beredar di wilayah Vietnam dan Thailand.


5. ZJMM R12 vs Honda CBR 250R

Kloningna motor dari Cina ini lebih banyak meniru model motor sport yang sudah terkenal, selain Ninja ada juga produk dari Honda yakni Honda CBR250R yang kloningannya diberi nama ZJMM R12. Sepeda motor tiruan dari China ini, menawarkan mesin 125 cc dan 250 cc.


6. Wonjan WJ300 Space Ranger vs Ducati Panigale

Motor super sport dari Italia juga tidak luput dari kloningan pabrikan Cina yakni Ducati Panigale yang kloningannya diberi nama Wonjan WJ300 Space Ranger. WJ300 ditawarkan dengan model fairing dan semi-fairing, serta didukung oleh mesin 300cc.


7. Wonjan WJ150 vs Honda Grom

Salah motor yang dicontek adalah motor pabrikan Honda Thailand yakni Honda Grom, Imitasi Honda Grom ini, diproduksi di perusahaan yang sama dengan Ducati Panigale imitasi. Namun untuk yang satu ini, Wonjan WJ150 punya mesin 150cc, atau lebih besar dari aslinya (Honda Grom) yang hanya berkapasitas 125cc.

8. XGJAD XGJ350  vs Yamaha R25

Motor ini merupakan motor kloningan yang mencontek motor sport fairing dari Yamaha yakni Yamaha YZF - R25, modelnya sama persis dengan aslinya. China memang selalu bisa untuk melakukan kloning produk seperti ini.



Nah itulah beberapa motor kloningan dari Cina yang meniru model dari pabrikan yang sudah terkenal mulai dari India, Jepang dan Italia, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Motor-Motor yang dicontek oleh Cina"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, Jangan ada Spam dan link aktif. Terimakasih