Cara Sederhana Membuat Subtitle pada Video

Advertisement
Advertisement
Beberapa hari terakhir saya sedang gemar membuat video lagu yang diisi dengan liriknya, namun sat awal saya membuat video lagu yang hanya berisi lirik ini, saya sedikit pusing dengan cara memasukkan lirik lagu tersebut ke dalam videonya. Selama ini saya membuat manual dengan membuat gambar frame yang berisi lirik dan kemudian digabungkan sehingga merangkai seluruh lirik lagu dalam satu lagu.

Cara Sederhana Membuat Subtitle pada Video

Ternyata cara itu kurang praktis dan karena terlalu banyak membuat gambar yang berisi lirik lagu tersebut. Karena penasaran dengan cara yang lebih praktis akhirnya saya menemukan cara yang lebih sederhana tanpa harus membuat banyak gambar, caranya adalah dengan memakai submit subtitle pada video tersebut. Dengan cara ini kita tinggal mengatur waktunya saja dari setiap lirik yang ada pada sebuah lagu.

Oleh seba kita akan memasukkan subtitle pada video maka dari itu kita harus membuat file subtitle dulu yang berisi lirik dan rentang waktu setiap lirik dalam sebuah lagu. Berikut akan saya berikan caranya untuk membuat file subtitle yang sederhana memakai Notepad.

  • Pertama cari dulu lirik sebuah lagu di internet, jika sudah ketemu, tinggal copas saja ke notepad
  • Selanjutnya adalah menambahkan beberapa hal supaya file subtitle mau terbaca ketika dimasukkan ke video.
  • Pada setiap baris lirik harus ditambahkan nomor urut mulai dari angka 1 dan juga lamanya lirik itu terlihat pada lagu atau video dengan format seperti ini 00:00:00,000 --> 00:00:00,000.
  • Untuk menentukan berapa detik setiap lirik yang muncul dalam sebuah lagu maka untuk membuatnya alangkah baiknya kamu mendengarkan lagu tersebut dan catat jumlah waktu setiap lirik.
  • Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh gambar dibawah ini.
Cara Sederhana Membuat Subtitle pada Video
  • Silakan isi setiap lirik dengan nomor urut dan rentang waktu tayang lirik pada video seperti gambar di atas.
  • Jika sudah selesai, silakan simpan notepad, silakan pilih save as, kemudian saat menyimpan nama file, silakan isi pada bagian belakang nama dengan format .srt dan juga pilih jenis filenya berupa UTF-8, untuk jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah ini. Setelah itu silakan tekan save.
Cara Sederhana Membuat Subtitle pada Video

Nah itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat subtitle dengan notepad pada sebuah video lagu untuk menampilkan lirik lagu pada sebuah video lagu yang kamu buat, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Sederhana Membuat Subtitle pada Video"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih