Cara Memisahkan Isi Gambar GIF satu persatu Perframe dengan Photoscape

Advertisement
Advertisement
Selama ini saya suka membuat gambar bergerak dengan format GIF (Graphic Interchange Format) untuk DP BBM saya yang berkaitan dengan pekerjaan dan hobi saya. Salah satu DP BBM yang saya buat adalah tentang usaha saya menjual baju kaos adventure dengan merek Kapah Jumah Clothing baju kaos dengan tulisan berbahasa Bali. Selain itu beberapa hari ini saya juga suka membuat gambar GIF dengan banyak frame sehingga saya harus mencari beberapa gambar di Internet.

Salah satu gambar bergerak yang saya buat adalah GIF orang berjalan dan GIF orang sedang naik sepeda. Untuk membuat gambar GIF tersebut minimal harus memakai 5 frame dan untuk hasil lebih baik maka diperlukan lebih dari 5 frame supaya gerakan gambar terlihat lembut dan lentur tanpa putus-putus sehingga gerakan terlihat nyata dan enak untuk dilihat. Namun ketika membuat gambar bergerak dengan banyak frame tentu akan berpengaruh dengan ukuran file yang dihasilkan, sedangkan jika dipakai DP BBM ukuran file GIF tersebut tidak boleh lebih dari 32 KB.

Saat ini saya tidak akan membahas itu, namun lebih pada cara memisahkan frame pada sebuah gambar GIF yang sudah jadi. Untuk memisahkan setiap frame gambar GIF yang sudah jadi sebenarnya sangat mudah. Kita bisa tahu berapa frame yang terdapat pada setiap gambar GIF. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara memisahkan isi gambar GIF perframe dengan Photoscape. Berikut adalah caranya silakan perhatikan gambar dan keterangannya di bawah ini.

1. Pertama siapkan Program Photoscape di PC kamu dan gambar GIF yang akan dipisahkan framenya (gambar penyusunnya). Jika belum punya program Photoscape silakan unduh dulu di internet, banyak sekali yang menyediakan program Photscape ini secara gratis. Jiak sudah punya Photoscape dan gambar GIF silakan bukan aplikasi Photoscape pada PC kamu. Silakan cari menu GIF Animated pada pilihan menu.


2. Setelah itu silakan cari folder penyimpanan gambar GIF kamu, kemudian drag file gambar GIF yang sudah kamu miliki yang akan dipisahkan framenya itu, silakan lihat gambar seperti di bawah ini


3. Setelah kamu drag gambar GIF tersebut maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang memperlihatkan beberapa gambar penyusun dari sebuah GIF. Silakan perhatikan yang di kotak merah.


4. Jika sudah terlihat seperti gambar di atas, sekarang saatnya menyimpan setiap frame dari sebuah gambar GIF. Untuk menyimpannya silakan klik kanan pada salah satu gambar yang di kotak merah, sebaiknya dimulai dari paling kiri supaya tersimpannya berurutan. Setelah klik kanan maka ada beberapa pilihan menu, silakan pilih menu "Copy Selected Photo To Clipboard" jika sudah memilih menu itu maka gambar sudah dicopy di clipboard. Silakan lihat gambar di bawah sebagai gambarannya.


5. Setelah itu silakan cari menu Editor pada bagian atas pilihan menu yang ada pada Photoscape.


6. Setelah berada pada menu Editor silakan paste (Ctrl + V) untuk menampilkan gambar pada bagian editor ini. Jika gambar sudah muncul maka silakan lihat pada pojok kanan bawah, silakan pilih save untuk menyimpan gambar tersebut, silakan pilih save untuk langsung menyimpan, atau silakan pilih save as untuk mengganti nama file yang akan disimpan.


7. Untuk menyimpan gambar atau frame yang lain, silakan lakukan langkah-langkah yang sama mulai dari nomor 1-6 sampai semua frame tersimpan dengan rapi.

Nah itulah cara memisahkan isi atau frame dari sebuah gambar GIF, semoga bermanfaat.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Cara Memisahkan Isi Gambar GIF satu persatu Perframe dengan Photoscape"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih